Rendahnya Kesadaran Masyarakat dalam Menjaga Kesehatan Gigi


Kesehatan gigi haruslah di penuhi oleh setiap orang. Kesehatan adalah hal yang paling penting terutama untuk dijaga oleh setiap orang karena seperti pepatah bilang bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati. Kenapa? Karena kesehatan itu mahal biayanya jadi lebih baik kita mencegahnya sejak dini.

Kesehatan banyak macamnya dari hal yang paling besar sampai hal yang palig kecil, itu harus dijaga seperti kesehatan gigi dimana gigi juga penting untuk dijaga kesehatannya karena ketika seseorang merasakan kesakitan pada giginya, mereka akan sangat tersiksa sekali. Penelitian yang dilakukan Kementrian Kesehatan menyebutkan, lebih dari 70 persen penduduk Indonesia mengalami karies atau gigi berlubang. Fakta ini menunjukan masyarakat kesadaran untuk memperhatikan kesehatan gigi sangat rendah.


Masalah gigi berlubang sangatlah penting untuk diperhatikan dan gigi berlubang pun tak hanya terjadi pada anak – anak tetapi juga hal itu dapat terjadi pada orang dewasa. Gigi berlubang memang masih menjadi problem bagi masyarakat Indonesia. Riset Kesehatan Dasar 2007 menemukan bahwa karies gigi atau gigi berlubang menyerang atau diderita oleh kurang lebih 72,1 persen penduduk Indonesia. Selanjutnya, dalam 12 bulan terakhir ditemukan sebesar 23,4 peersen penduduk Indonesia mengeluhkan adanya masalah pada gigi dan mulutnya. Karena itu, kita perlu meningkatkan kesehatan gigi sejak dini guna untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, terutama pada anak – anak karena anak – anak sangat penting dijaga kesehatannya, terutaman pada gigi mereka.

Dari jumlah tersebut, hanya 29,6 persen yang mencari pertolongan dan mendapatkan perawatan dari tenaga kesehatan. Angka- angka yang dijabarkan dalam penelitian tersebut mengindikasikan bahwa masih sangat rendahnya tingkat kesadaran dan tingkat utilasi masyarakat terhadap pelayanan tenagad medis kesehatan gigi.

Hal ini berarti bahwa banyaknya masyarakat yang mensepelekan kesehatan pada gigi dimana kita tahu bahwa gigi adalah hal penting untuk membantu kita mengonsumsi makanan dan jika gigi kita tidak sehat, hal itu juga akan mengganggu kesehatan pada tubuh kita karena sulitnya untuk mengonsumsi makanan. Dan hal ini dibenarkan oleh Sony Swasnoprijo drg Sport. Menurut Sony, kebanyakan pasien yang datang ke kliniknya mengeluhkan gigi yang berlubang. Banyak pasien yang datang ke dokter gigi hanya ketika sakit. Untuk itu, alangkah baiknya untuk kita semua jika kita menjaga kesehatan gigi sejak dini dengan melakukan perawatan yang benar dan teratur memeriksakan gigi ke dokter gigi.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Rendahnya Kesadaran Masyarakat dalam Menjaga Kesehatan Gigi | Powered by Blogger.