Daftar Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin mengakibatkan munculnya beberapa penyakit. Ada beberapa jenis penyakit yang dihubungkan dengan kekurangan vitamin. Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) bahwa, kekurangan mikronutrien (zat gizi nutrien) dapat berpengaruh terhadap siapa saja, tak terkecuali wanita hamil dan anak-anak. Penyebab kekurangan vitamin, diantaranya diet yang tidak sehat, kelaparan, dan kondisi medis yang mengakibatkan sulit menyerap nutrisi. Gejala yang erat kaitannya dengan kekurangan vitamin sangat bervariasi, dapat dilihat dari tingkat keparahan dan penyakitnya. Berikut ada beberapa penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin.

Penyakit akibat makanan yang tidak baik

Pellagra (penyakit akibat makanan yang tidak baik) atau dikenal juga dengan kekurangan vitamin B3. Situs MedlinePlus menjelaskan bahwa, penyebab pellagra adalah kegagalan seseorang dalam memperoleh jumlah yang cukup dari vitamin B3, triptofan dan niacin. Triptofan merupakan salah satu jenis asam amino. Sedangkan, niacin ialah vitamin B yang dapat larut dalam air yang berfungsi untuk membantu sistem pencernaan, saraf serta kulit.

Pellagra umumnya disebabkan oleh niacin dan triptofan. Kondisi ini dapat terjadi jika tubuh seseorang mengalami kegagalan dalam menyerap nutrisi, sering mengkonsumsi alkohol, dan terkena penyakit tertentu. Pellagra mempunyai beberapa gejala dan tanda-tanda yang umumnya terjadi, seperti diare, delusi, radang selaput lendir, kulit bersisik, dan kebingungan mental.

Beriberi

Penyebab dari beriberi ialah kurangnya jumlah vitamin B1 atau thiamin. Menurut The University of Maryland Medical Center (UMMC) bahwa, warga Amerika sangat umum dengan kondisi penyakit beriberi. UMMC menjelaskan, supaya seseorang memperoleh tiamin yang cukup harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Di Amerika, orang yang sering terkena beriberi adalah mereka yang suka mengkonsumsi alkohol atau pecandu alkohol. Gizi buruk bisa saja terjadi jika mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, ini akan menyebabkan tubuh seseorang mengalami kesulitan dalam menyimpan dan menyerap tiamin.

Beriberi ditandai dengan gejala, seperti kesulitan untuk berjalan, mengalami penurunan sensasi pada tangan, serta kaki, penurunan pada fungsi otot, mengalami kelumpuhan pada kaki bagian bawah, kesulitan berbicara, rasa nyeri, muntah, detak jantung meningkat, mengalami sesak napas ketika beraktivitas, kebingungan mental, dan gerakan mata cepat.

Rakhitis

Penyakit ini adalah penyakit di masa kanak-kanak yang erat kaitannya dengan kekurangan vitamin. Menurut situs Family Doctor, rakhitis merupakan suatu gangguan yang berpengaruh terhadap tulang anak, mengakibatkan tulang menjadi lunak serta mudah patah. Penyebab rakhitis ialah kekurangan vitamin D dan juga faktor keturunan. Peran dari vitamin D untuk membantu tulang menyerap fosfor serta kalsium dari makanan.

Gejala rakhitis diantaranya, rasa nyeri di tulang belakang, panggul, serta kaki, pertumbuhan tertunda, gigi berlubang, struktur gigi mengalami masalah, dan kelemahan pada otot. Menurut situs Family Doctor, bahwa pengobatan yang diberikan pada pasien rakhitis harus disesuaikan dengan jenis rakhitisnya. Jika penyebab rakhitis adalah kekurangan gizi, maka untuk memulihkan kesehatannya dapat dibantu dengan mengkonsumsi vitamin D dan berikanlah jumlah kalsium yang cukup.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Daftar Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin | Powered by Blogger.