Khasiat Manggis Semanis Rasanya


Salah satu buah tropis yang berasal dari Indonesia adalah buah manggis (Garcinia mangostana), buah ini sudah menjadi produk unggulan di pasar lokal maupun pasar dunia. Jadi bagi kita yang tinggal di Indonesia dengan iklimnya yang tropis perlu berbahagia. Buah dengan warna ungu ini, memiliki rasa yang lezat dan juga manis, disamping itu juga mempunyai banyak khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Buah manggis mempunyai keunikan karena jumlah daging buahnya dapat dihitung dari kelopak yang terdapat pada pangkal buah.


Sangat melimpah sekali khasiat manggis, di mulai dari rasa buahnya yang manis sampai ke bagian luar kulit yang rasanya pahit. Selain dari buahnya yang enak dan kaya manfaat, kulit bagian luarnya juga mempunyai manfaat yang tidak kalah berkhasiat.

Buah manggis adalah salah satu tanaman yang mempunyai manfaat sebagai obat. Buah manggis juga mempunyai kandungan Xanthone yang terdapat pada kulit bagian dalam buah. Menurut salah seorang peneliti dari IPB, Dr. Indah Yuliasih, bahwa Xanthone adalah bahan aktif yang mempunyai sifat antioksidan dan antikanker. Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah manggis mempunyai kekuatan beberapa kali lipat lebih baik dari vitamin C dan E. Disamping itu, Xanthone juga mempunyai kemampuan menghambat terjadinya proses penuaan.

Antioksidan juga dapat dimanfaatkan untuk menangkal radikal bebas. Beberapa sumber menjelaskan bahwa manggis mempunyai kandungan senyawa yang berguna sebagai anti kanker, anti radang, anti diabetes, dll. Di dalam manggis juga terdapat kandungan anti aging yang bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel jaringan tubuh.

Kutipan dari situs WebMD menjelaskan bahwa manggis mempunyai kemampuan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, diantaranya infeksi saluran kemih, diare, tuberculosis, gonorea, kanker, gangguan menstruasi, gangguan pada kekebalan tubuh, dan juga dapat meningkatkan kesehatan mental atau jiwa. Sebagian orang ada yang memanfaatkan manggis sebagai obat eksim dan beberapa penyakit kulit lainnya.

Di Negara Amerika banyak yang menggemari jus manggis karena mereka menganggap sangat menyehatkan. Di pasaran jus tersebut biasanya diberi nama xango juice. Di dalam manggis juga terdapat tannin yang berguna untuk menyembuhkan diare.

Dari penelitian lain, menjelaskan bahwa pria yang rutin setiap hari mengkonsumsi buah manggis mempunyai risiko yang lebih kecil mengalami batu ginjal, hal ini karena buah manggis akan melakukan rangsangan untuk mengeluarkan urine sehingga dapat mencegah terkena batu ginjal. Banyak yang memberikan julukan pada buah manggis dengan sebutan “Ratunya Buah Tropis”.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Khasiat Manggis Semanis Rasanya | Powered by Blogger.