Akhirnya Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Diresmikan

[caption id="attachment_1448" align="alignleft" width="331" caption="Peresmian Fakultas Farmasi UI"][/caption]

Akhirnya setelah 47 tahun, Departemen Farmasi FMIPA UI berdiri sendiri menjadi sebuah Fakultas Farmasi, sebelumnya Departemen Farmasi di Universitas Indonesia tergabung ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia.

Fakultas Farmasi merupakan Fakultas ke 13 yang dimiliki Universitas Indonesia (UI). Peresmian Fakultas Farmasi UI yang dilakukan oleh Rektor UI Prof.Dr. der Soz Gumilar Rusliwa Somantri disaksikan oleh Menteri BUMN Republik Indonesia Dahlan Iskan, para pimpinan, mahasiswa serta alumni UI, di Balaiurang UI Kampus Depok, Sabtu (12/05/2012).

Perubahan Departemen ini yang dulunya Departemen Farmasi FMIPA UI menjadi Fakultas Farmasi UI telah tercantum dalam SK MWA No.143A/H2.MWA/OTL.00.00 Pembentukan/2011 tanggal 23 November 2011 dan SK Rektor No.2408A/SK/R/UI/2011 tanggal 29 November 2011.

Dilakukannya perubahan ini karena terkait dengan pengembangan ilmu farmasi dan didukung  dengan adanya tiga rumpun di UI yaitu Rumpun Ilmu Sosial, Rumpun Humaniora dan Rumpun Ilmu Sains, Fakultas Farmasi ini sendiri masuk ke dalam Rumpun Ilmu Kesehatan.

Kesiapan berbagai bidang untuk mendukung Perubahan Departeman Farmasi FMIPA UI menjadi sebuah Fakultas Farmasi sudah dipersiapkan, seperti 13 laboratorium yang berkualitas serta terakreditasi buat penelitian dan pendidikan, di dukung juga dengan tenaga pengajar yang berkompeten dimana 63% dosen bergelar doktor serta ada 3 Profesor yang aktif dan mempunyai program pendidikan yang lengkap yaitu Program Sarjana (S1), Program Pendidikan Profesi Apoteker, Pascasarjana (S2), serta Doktoral (S3). Selain itu, menurut tracer study, tidak lebih dari 1 bulan untuk masa tunggu kerja lulusan farmasi UI.

Tentunya dengan berkuliah di Jurusan Farmasi, mahasiswa mempunyai masa depan yang sangat baik. Seiring dengan perkembangan zaman serta tuntutan masa depan yang tentunya orang merasa takut sakit, maka untuk menjawab ketakutan masyarakat itu, Farmasi hadir sebagai solusinya dan Farmasi memiliki peluang besar untuk itu. Menurut Dahlan Iskan masyarakat Indonesia sekarang ini sudah sangat mendukung dan semakin menomor satukan kesehatan dan pendidikan.

Departemen Farmasi UI sudah berdiri selama 47 tahun, semakin terlihat pula dalam memantapkan kesiapan dan kematangannya menjadi sebuah Fakultas.

Bidang pendidikan dan penelitian merupakan beberapa kiprah yang telah dilakukan, hal ini dilakukan melalui kolaborasi penelitian nasional maupun internasional, melakukan kerjasama dengan berbagai pihak seperti Ikatan Apoteker Indonesia, Pemerintah, RS atau Apotek, Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi, Lembaga Penelitian serta Fakultas atau Sekolah Farmasi baik di dalam negeri maupun luar negeri dengan tujuan menghasilkan produk yang bermanfaat dan bermutu buat masyarakat, juga Apoteker yang sudah diluluskan sebanyak 3.132.

Harapan dari peresmian Fakultas Farmasi ini adalah untuk memantapkan langkah Farmasi UI dalam menghadapi persaingan di tingkat nasional maupun global yang semakin selektif dan kompetitif, serta dapat unggul dalam bidang kefarmasian, pelayanan kesehatan dan sains teknologi.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Akhirnya Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Diresmikan | Powered by Blogger.