Yang Perlu Dilakukan Supaya Tubuh Fit - Bugar Sepanjang Hari

fit bugarMembangun tubuh yang sehat dan fit bukan sesuatu yang didapat dalam waktu sehari tetapi butuh disiplin dan komitmen dalam jangka panjang. Pada awalnya mungkin akan terasa agak berat tetapi setelah beberapa waktu usaha untuk mendapatkan tubuh fit atau bugar akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan agar badan menjadi bugar:

Cukup minum

sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memperlancar metabolisme dan pengoptimalan energi. Jangan biarkan anda merasa haus dan air putih adalah pilihan terbaik. Kurangi minuman yang banyak mengandung kalori atau gula karena dapat meningkatkan berat badan.

Nutrisi seimbang

pasti repot menghitung jumlah kalori setiap kali makan dan faktanya setiap orang mungkin memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Jika anda terlalu kurus sebaiknya meningkatkan jumlah kalori sedangkan jika terlalu gemuk sebaiknya mengurangi asupan kalori dan lemak. Tetapi secara umum, perbandingan protein, lemak yang dibutuhkan kurang lebih 15% kalori, 25% lemak dan 60% karbohidrat. Selain itu kita juga membutuhkan banyak sayuran dan buah untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral.

Masak dan makan masakan favorit dengan cara yang sehat

Ingin mendapatkan tubuh sehat dan fit artinya harus merelakan makanan-makanan favorit yang biasa kita makan. Cobalah bereksperimen dengan cara-cara memasak yang sehat misalnya dengan memasak makanan dengan cara dikukus atau di rebus tidak dengan cara digoreng atau dibakar. Tidak berarti harus sama sekali meninggalkan makanan favorit anda sesekali tidak apa-apa selama tidak berlebihan.

Kurangi alkohol

Alkohol adalah musuh untuk hidup sehat. Alkohol mempengaruhi banyak organ dalam tubuh. Dalam sistem metabolisme, alkohol menjadikan makanan tidak segera diproses dan diubah menjadi simpanan lemak. Bila terlalu sering akan merusak metabolisme.

Cukup tidur

Tidur tidak hanya mempengaruhi tubuh tetapi juga dapat mempengaruhi mental seseorang. Tidur menjadi pendukung penting agar tubuh tetap fit dan segar. Kurang tidur beberapa jam saja semalam dapat memperlambat metabolisme. Tidur yang cukup dan tepat waktu juga membuat hormon-hormon bekerja dengan baik dan baik bagi sistem pencernaan.

Jaga agar berat badan tetap ideal

berat badan berlebih sering dihubungkan dengan tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung dan diabetes. Orang dengan berat badan berlebih juga lebih mudah lelah. Menjaga agar berat badan tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat membuat tubuh lebih bugar sehingga organ-organ bisa berkerja secara maksimal.

Disiplin dalam olahraga

Kunci penting untuk tubuh yang fit dan sehat adalah olahraga tetapi sekarang banyak orang yang melakukan olahraga sebagai hukuman untuk menurunkan berat badan bukan sebagai gaya hidup sehat yang memang sudah seharusnya dilakukan.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Yang Perlu Dilakukan Supaya Tubuh Fit - Bugar Sepanjang Hari | Powered by Blogger.