Manfaat Telur Bagi Kesehatan

fungsi kegunaan telur untuk kesehatan badan, khasiat makan telur setiap hari, nutrisi dikandung telur

Telur merupakan zigot yang berfungsi untuk menjaga dan memelihara embrio. Zigot tersebut dihasilkan melalui pembuahan sel telur. Telur memiliki banyak manfaat kesehatan, selain enak untuk dikonsumsi. Telur dihasilkan oleh hewan ovipar, seperti reptil dan unggas dan burung. Namun, telur yang lazim dikonsumsi adalah telur unggas dan burung.

Telur memilki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari putih telur, kuning telur dan bahkan cangkang telur. Satu butir telur mengandung protein dengan kualitas tinggi dan 9 jenis asam amino esensial. Telur juga memiliki kandungan vitamin D. Telur mengandung zeaxanthin dan lutein yang dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit katarak dan bisa mencegah terkena penyakit kanker payudara.

Mengonsumsi telur dapat membantu melancarkan darah yang mengalami penyumbatan. Selain itu, mengonsumsi telur juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Telur memiliki kandungan lemak yang baik bagi tubuh. Kandungan lemak yang terdapat dalam telur tidak membuat kadar kolesterol dalam tubuh mengalami peningkatan.

Salah satu bagian dari telur adalah kuning telur. Kuning telur berguna untuk mengatur sistem saraf, sistem jantung dan otak. Hal ini karena telur memiliki kandungan choline.

Selain kuning telur, putih telur juga memiliki kegunaan untuk kesehatan. Putih telur memiliki kandungan protein alami. Pada putih telur terdapat hingga puluhan macam protein. Selain itu, putih telur juga mengandung nutrisi lain yang penting untuk tubuh, seperti zink, fosfor, kalsium dan potasium. Kandungan protein alami yang ada pada putih telur sangat baik untuk menghasilkan asam amino yang berguna dalam pembentukan otot.

Protein yang ada pada putih telur merupakan protein yang dapat langsung diserap oleh tubuh dibandingkan dengan makanan lainnya yang mengandung protein, seperti daging yang harus terlebih dahulu dipecah agar bisa diserap oleh tubuh. Protein yang ada dalam daging membutuhkan proses yang lama agar bisa diserap oeh tubuh dan hal ini dapat menyebabkan tubuh hanya mendapatkan sepertiga bagian saja dari protein asli. Sementara itu, protein yang ada pada putih telur dapat diserap hingga seluruhnya. Putih telur juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Putih telur tidak mempunyai kandungan lemak, karbohidrat kolesterol, lemak trans dan karbohidrat.

Selain untuk dikonsumsi, putih telur juga bisa digunakan untuk perawatan wajah. Putih telur dapat dijadikan masker yang bermanfaat untuk mengangkat dan menghilangkan komedo.

Selain kuning telur dan putih telur, cangkang telur juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Cangkang telur memiliki kemampuan untuk menghentikan darah. Cangkang dapat dimanfaatkan untuk menghentikan darah yang keluar pada luka. Caranya adalah dengan menghaluskan cangkang telur kemudian dicampur dengan tepung lalu menaburkan campuran tersebut pada luka yang berdarah.

Itulah manfaat telur bagi kesehatan, baik kuning telur, putih telur maupun cangkang telur.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Manfaat Telur Bagi Kesehatan | Powered by Blogger.