Hati-hati, jenis makanan ini dapat Mengganggu Kesehatan Ginjal anda

makanan sehat, makanan yang dihindari untuk penderita ginjal, pantangan makanan untuk penyakit ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh. Ginjal manusia berjumlah dua atau sepasang. Ginjal merupakan alat ekskresi yang berfungsi sebagai alat penyaring darah. Ginjal dapat mengalami gangguan yang dapat membuat kerja ginjal terganggu atau bahkan tidak berfungsi. Gangguan tersebut dapat berasal dari makanan yang dikonsumsi. Bagi yang punya masalah ginjal, ada baiknya untuk untuk mengurangi konsumsi makanan yang dapat mengganggu ginjal.

Berikut makanan yang dapat mengganggu ginjal

1. Makanan yang memiliki kandungan protein hewani
Makanan yang mengandung protein hewani memiliki kandungan purine yang tinggi. Kandungan ini dapat diubah menjadi asam urat oleh ginjal, yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Selain itu, asam urat juga dapat menyebabkan kerusakan pada sendi.

2. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi
Jenis makanan berikutnya yang dapat mengganggu ginjal adalah makanan yang mengandung asam oksalat tinggi. Mengurangi konsumsi ini dapat mengurangi risiko berkembangnya batu ginjal. Makanan yang memiliki kandungan asam oksalat tinggi dapat berupa kopi, coklat, kacang dan ubi.

3. Makanan yang memiliki kandungan potassium tinggi
Jenis makanan selanjutnya yang dapat mengganggu ginjal adalah makanan yang memiliki kandungan potassium tinggi. Kandungan potassium yang tinggi dapat membuat ginjal bekerja lebih keras dan lebih cepat mengalami kerusakan. Bila ginjal mengalami kerusakan, potassium yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat disaring dan orang yang mengalami kondisi tersebut dapat terkena hiperkalemia.

4. Makanan awetan dan makanan beku
Penyakit yang terjadi pada ginjal dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat disebabkan karena tingginya kadar sodium yang berada di dalam darah. Sumber sodium bisa didapatkan pada makanan awetan seperti makanan kalengan dan makanan beku.

5. Makanan yang memiliki kandungan fosfor yang tinggi
Jenis makanan selanjutnya yang dapat mengganggu ginjal adalah makanan yang memilki kandungan fosfor yang tinggi. Kandungan fosfor yang tinggi dapat mengganggu keseimbangan tingkat elektrolit yang berakibat pada tidak stabilnya tingkat elektrolit dalam tubuh. Makanan yang memiliki kandungan fosfor yang tinggi dapat berupa susu, yoghurt, susu kedelai dan yoghurt dari kedelai.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat mengganggu ginjal.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Hati-hati, jenis makanan ini dapat Mengganggu Kesehatan Ginjal anda | Powered by Blogger.