Atasi Flu Dengan Sup Hangat


Di musim hujan banyak sekali penyakit berkembang salah satu yang banyak merebak adalah flu. Kita bisa mempergunakan sup sebagai obat alternatif flu. Bahkan sup banyak direkomendasikan oleh para ahli untuk mengurangi gejala influenza.

Meskipun sudah banyak sekali obat flu yang dijual di pasaran tetapi penggunaan obat alami masih memiliki tempat di hati orang Indonesia. Sup ayam yang sering kita konsumsi terbukti secara klinis meringankan keluhan pada penderita influenza.

American Journal of Therapeutics mempublikasikan salah satu penelitian mengenai kandungan karosin dalam sup ayam. Zat karosin mampu mempromosikan kekebalan tubuh untuk melawan virus influenza.


Penelitian ini dimulai dari riset Dr. Stephen rennard yang menyimpulkan sup ayam mampu menghambat renspon neutrofil, jenis sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi. Penghambatan neutrofil ini secara signifikan mengurangi gejala infeksi saluran napas atas.

Biasanya sup ayam terdiri dari sayuran, bawang putih, potongan daging ayam, merica, garam, kentang, lobak, daun seledri wortel dll. Beraneka macam bahan bahan tersebut memberikan nutrisi tambahan yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Uap sup ayam panas melegakan saluran pernapasan dan kuahnya menambah asupan cairan tubuh yang mengencerkan lendir sehingga hidung tidak tersumbat.

Di Miami, sebuah studi dilakukan untuk mempelajari efek air dingin, air hangat dan sup ayam terhadap aliran lendir dan udara hidung. Penelitian yang melibatkan 15 partisipan ini berkesimpulan sup meningkatkan fungsi silia hidung (rambut halus untuk transportasi lendir) mencegah zat berbahaya masuk ke hidung, mengurangi resiko hidung tersumbat dan membersihkan saluran napas. Air panas dalam secangkir teh juga memberi manfaat yang hampir sama.

Penelitian juga membuktikan bahwa nutrisi akan mudah diserap pada cairan dibandingkan dalam bentuk padat.

Dari berbagai penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sup ayam hangat karena mengandung karosin, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan zinc  diketahui meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus flu.

Makanan lain yang sudah terbukti bisa mengurangi gejala flu antara lain kiwi, jeruk nipis, ubi, teh hangat serta makanan/minuman probiotik. Orang yang mengkonsumsi probiotik mengalami penurunan gejala flu hingga 34% serta percepatan penyembuhan menjadi 2 hari.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Atasi Flu Dengan Sup Hangat | Powered by Blogger.