Manfaat Minum Banyak Air Putih

minum air putih
Orang yang sedang diet sering menggunakan air putih untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Minum banyak air putih juga dipercaya dapat mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari minum banyak air putih.


1. Pembersihan dan detoksifikasi
Selain dipakai untuk mandi, air juga mampu membersihkan tubuh dari dalam. Zat-zat sisa dapat dikeluarkan dengan baik jika kita mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Sistem pencernaan, ginjal, pernapasan dan keringat merupakan beberapa sistem yang penting dalam pembuangan zat sisa.

2. Menjaga kesehatan otak dan stamina
Dehidrasi atau kekurangan cairan 1 persen saja dari berat badan sudah dapat mempengaruhi kinerja otak. Fungsi-fungsi berpikir dan kewaspadaan menjadi menurun. Badan menjadi letih akibatnya produktifitas berkurang. Minum banyak air putih memperlancar pengangkutan nutrisi ke seluruh sel tubuh termasuk untuk otak dan otot untuk beraktifitas.

3. Air putih untuk kulit.

Mengkonsumsi air secara teratur minimal 8 gelas setiap hari mencegah kulit dari kekeringan. Kulit yang kering akan tampak kusam dan tidak menarik, sebaliknya kulit yang terhidrasi dengan baik terlihat bercahaya dan sehat karena selain kelembabannya terjaga, zat-zat makanan juga tersalurkan dengan baik ke bagian tubuh terluar ini.

4. Mengurangi rasa nyeri

Air putih terutama yang hangat efektif untuk meringankan rasa sakit karena ketegangan otot misalnya saat kram menstruasi. Ketegangan setelah berolahraga, sakit perut dan pusing-pusing juga dapat sedikit diredakan dengan minum air hangat.

5. Bermanfaat untuk sistem pencernaan

Sistem pencernaan kita sangat banyak memanfaatkan air untuk bekerja dengan baik. Mulai dari produksi air ludah untuk membantu mengunyah makanan, memproduksi asam lambung dan bahan lain dalam proses pencernaan. Jumlah cairan yang cukup juga membantu pergerakan usus sehingga terhindar dari sembelit.

6. Perlindungan dari penyakit jantung dan kanker

Sebuah studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas setiap hari resiko kematian karena serangan jantung menurun hingga 41% dibanding dengan orang yang minum sedikit air (dua gelas per hari). Disamping itu kebiasaan minum air lebih dari lima gelas per hari juga mengurangi resiko kanker. Hidrasi yang cukup pada tubuh mengurangi resiko kanker kandung kemih hingga 50%, kanker usus hingga 45% dan juga mengurangi resiko terkena kanker payudara.

Selama tubuh anda tidak mengidap penyakit berat tertentu, minum banyak air putih tidak akan membawa dampak buruk selain lebih sering ke kamar kecil. Minum  air putih bahkan lebih banyak mendatangkan manfaat bagi kesehatan.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Manfaat Minum Banyak Air Putih | Powered by Blogger.