Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer

lama di depan komputer
Teknologi saat ini sangatlah berkembang pesat dibandingkan beberapa dekade kebelakang, dengan adanya komputer pada saat ini maka segala tugas dan pekerjaan pun menjadi mudah. Komputer juga telah menggantikan fungsi mesin ketik sebagai word processor dan juga beberapa fungsi lainnya. Dan bahkan teknologi komputer telah dapat menghandle berbagai pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh manusia contohnya seperti komputer penggerak robot di pabrik-pabrik besar.


Bagi yang bekerja di depan komputer pastilah selalu terpaku di depan layar komputer dan menatap layar komputer selama berjam-jam. Sebenarnya hal tersebut berdampak buruk bagi kesehatan anda.

Orang yang selalu berada di depan komputer dengan duduk dan menatap layar selama berjam-jam akan terkena penyakit mata dan cidera punggung. Disaat mata menatap objek yang terang dalam waktu yang lama maka intensitas kepekaan mata akan berkurang sehingga mata cepat lelah dan kepala menjadi pusing. Jika dibiarkan berlarut-larut maka akan berdampak pada kaburnya penglihatan.

Dari sisi kesehatan tubuh, jika anda terlalu lama duduk di depan komputer maka pinggang anda akan terasa lelah karena menopang berat badan dalam keadaan statis terlalu lama sehingga sangat rentan cidera seperti terkilir, kram dan lain sebagainya.

Memang jika ada pekerjaan yang membuat anda harus selalu berada di depan komputer setiap saat hal tersebut tidak dapat di elak kan. Namun sebenarnya ada langkah-langkah taktis dimana anda tetap dapat berkerja namun juga sekaligus dapat menjaga kesehatan anda.

Caranya ialah dengan selalu bagun dari meja kerja anda setiap 30 menit sekali dan berjalan-jalan lah sebentar atau minum air putih, kemudian balik lagi ke meja kerja anda dan lakukan pekerjaan tersebut lagi. Manfaat anda bangun dari depan komputer di meja kerja anda adalah untuk membuat relaksasi mata dan punggung anda agar tidak cidera. Dengan meminum air maka dapat menghindari ginjal anda menjadi sakit yang mengakibatkan orang sering mengeluh sakit di sektiaran punggung mereka.

Jangan lupa untuk cuci wajah anda untuk mendapatkan kesegaran kembali disaat bekerja nanti, jika mata anda kering disaat menatap layar komputer maka usahakan sediakan obat tetes mata untuk membuat mata anda tetap segar. Dan yang terpenting adalah selalu lakukan istirahat setiap beberapa puluh menit sekali untuk menghindari kelelahan mata. Saat melihat layar komputer mata juga lebih sedikit berkedip, berkediplah dengan sengaja agar mata tidak kering.

Dengan selalu menerapkan cara tersebut, maka anda secara otomatis menjaga kesehatan anda selalu di tempat kerja namun tanpa harus meninggalkan pekerjaan tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer | Powered by Blogger.