Manfaat Lada Hitam Untuk Membakar Lemak


Lada (Piper nigrum L) disebut juga dengan merica mempunyai ciri khas dengan rasanya yang pedas. Biji dari tumbuhan rempah-rempah ini banyak dimanfaatkan dalam masakan maupun kesehatan. Lada mempunyai peran yang penting dalam komponen masakan. Pada abad 17, harga lada sangat melambung tinggi. Inilah yang menjadi penyebab penjelah Eropa berusaha mencari lada sebanyak-banyaknya dengan cara memonopoli dan ini menjadi sejarah awal kolonisasi Asia, Amerika, dan Afrika.


Disamping itu lada juga bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk membakar lemak. Memang membakar lemak dapat dilakukan dengan berolahraga. Olahraga adalah salah satu aktifitas yang dapat digunakan untuk membakar lemak. Disamping itu, Anda juga dapat memanfaatkan lada hitam untuk membantu pembakaran lemak. Masukan lada hitam dalam menu masakan Anda. Kandungan yang terdapat pada lada hitam membantu proses metabolisme lemak.

Lada hitam sudah dikenal sejak dulu sebagai bumbu masakan yang mempunyai banyak manfaat. Ilmu pengobatan tradisional dari negeri timur banyak mengajarkan bahwa, lada dengan sensasinya yang pedas dan panas mampu mengobati beberapa masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, rasa nyeri maupun radang.

Sejak ratusan tahun yang lalu lada sudah digunakan dalam pengobatan, namun cara kerjanya hingga ke dalam sel belum banyak diungkapkan oleh ilmu pengobatan modern. Sebuah penelitian yang ada di Journal of Agriculture and Food Chemistry akan mencoba menganalisa kandungan yang terdapat dalam lada hitam.

Soo Jong Um adalah salah seorang peneliti yang terlibat dalam penelitian itu, mengatakan bahwa kandungan piperin yang terdapat dalam lada bermanfaat untuk membakar lemak. Selain itu, piperin juga sangat bagus jika digunakan untuk diet karena piperin mampu menghambat terbentuknya jaringan lemak baru.

Program komputer yang digunakan di dalam laboratorium dan simulasi menemukan hasil, kandungan piperin berpengaruh terhadap aktivitas gen yang berkaitan dengan berat badan atau kegemukan. Kutipan Sciencedaily, menjelaskan tentang peran piperin untuk menjaga kadar lemak supaya tetap terkontrol.

Walaupun penelitian ini adalah penelitian awal, tapi dari hasil penelitian membuktikan adanya peluang bahwa lada hitam dapat dijadikan alternatif lain untuk membantu mengatasi kegemukan. Kedepannya dimungkinkan, dokter hanya memberikan resep lada hitam untuk menurunkan berat badan.

Kelebihan berat badan akan menjadi masalah yang mengganggu penampilan Anda, disamping itu juga menjadi salah satu faktor risiko penyakit kronis yang berbahaya. Awal dari diabetes dan serangan jantung biasanya karena kegemukan, selain itu kurang terkontrolnya lemak tubuh juga menjadi penyebab terkena kanker, diantaranya kanker usus.

Khasiat lain lada:

- Mengobati pegal linu

- Mengurangi gejala penyakit asam urat

- Mengobati rematik

- Menghambat tulang keropos

Kandungan dalam lada:

- Amilum

- Dihdrokarveol

- Flavonoida

- Kavisin

- Minyak atsiri

- Minyak lada.

- Piperiline

- Piperine

- Piperoleine

- Piperonal

- Poperanine

- Resin

- Saponin

- Zat putih telur

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Manfaat Lada Hitam Untuk Membakar Lemak | Powered by Blogger.