Sumber Vitamin C yang Baik Selain Dari Buah Jeruk

Kebutuhan akan vitamin C harus terpenuhi, hal ini berguna untuk meningkatan sistem imun tubuh. Pemenuhan vitamin C dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan yang alami.

Jeruk dikenal sebagaisumber vitamin yang paling baik, di dalam satu buah jeruk terdapat kandungan vitamin C 82,7 gram. Buah ini memang menjadi sumber yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

Fungsi dari vitamin C sebagai zat antioksidan untuk tubuh dan berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh. Rekomendasi  dari National Institute of Health, bahwa kebutuhan vitamin C untuk pria dewasa yang usianya 19 tahun ke atas sebanyak 90 mg/hari, dan untuk wanita dewasa sebanyak 75mg/hari.

Kebanyakan orang menganggap bahwa sumber vitamin C datang dari buah jeruk. Sebenarnya tidak hanya jeruk yang mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Banyak sekali jenis sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Buah-buahan ini bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau dapat juga dimanfaatkan untuk membuat produk kecantikan. Berikut beberapa jenis buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C:

1. Brokoli

Sekitar 148gr brokoli mengandung vitamin C sebesar 132mg.

2. Kubis

Di dalam 2 cangkir kubis terdapat vitamin C sebesar 160,8mg. Kubis juga sangat kaya akan serat, fitronutrien dan vitamin A, C, K.

3. Pepaya

Buah pepaya dengan ukuran 157 gram yang tergolong ukuran kecil, namun mempunyai kandungan vitamin C sekitar 95,6 mg. sedangkan untuk secangkir pepaya yang telah dihaluskan mempunyai kandungan sekitar 140 mg. di dalam pepaya juga terdapat kandungan vitamin yang tinggi, kaya serat dan folat.

4. Paprika merah

Paprika merah yang diiris dalam satu cangkir merah mempunyai kandungan vitamin C sebesar 190,3 mg. sedangkan untuk paprika hijau terdapat kandungan vitamin C sebesar 119,8 mg.

5. Stroberi

Stroberi dengan berat 147 gram mempunyai kandungan vitamin C sebanyak 86,5 mg.

6. Kembang kol

Kembang kol kecil dengan diameter yang dimiliki 4 inchi mempunyai kandungan vitamin C sebanyak 127,7 mg.

7. Kiwi

Kandungan vitamin C pada satu porsi buah kiwi sekitar 137,2mg.

8. Blewah

Blewah juga mempunyai kesamaan dengan ubi jalar, kandungan vitamin C tidak sebanyak jeruk. Namun di dalam satu porsi blewah terdapat kandungan vitamin C sebanyak 49,2 mg.

9. Ubi jalar

Kandungan vitamin C yang terdapat pada ubi jalar tidak sama dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk. Namun, ubi jalar dapat dijadikan alternatif lain karena satu ubi jalar dengan ukuran besar memiliki kandungan vitamin C sebanyak 35,3 mg.

10. Mini kol atau brussels sprouts

Kandungan vitamin C dalam Brussel Spourts sebanyak 48,4 mg. Selain itu sayuran ini juga mengandung magnesium, zat besi, serat dan vitamin A.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Sumber Vitamin C yang Baik Selain Dari Buah Jeruk | Powered by Blogger.