Wajib Hukumnya Membiasakan Hidup Sehat Pada Anak Sejak Kecil

membiasakan anak hidup sehat
Anak sehat, adalah dambaan semua orang tua. Mereka menginginkan anak mereka tumbuh normal dan pintar tentunya. Dari masih dalam kandungan, hingga mereka sudah dilahirkan dan tumbuh, orang tua harus selalu memberi mereka asupan gizi dan nutrisi yang baik, untuk kelancaran pertumbuhan mereka. Selain itu, tugas orang tua adalah mengajarkan kebiasaan hidup sehat, agar anak menjadi mandiri nantinya dan tetap sehat sampai kelak dia dewasa. Mengembangkan kebiasaan hidup sehat pada anak sejak kecil akan membuat dia lebih trampil dan cerdas. Nah, berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda para orang tua untuk mengajarkan kebiasaan hidup sehat pada anak sejak kecil.


Membiasakan Anak Untuk Tetap Awet Muda

“Stay Young”, itu adalah keinginan setiap orang. Banyak orang “telat” untuk melakukan hal tersebut. Jadi, mengajarkan anak dari dini tentang hidup tetap awet muda, akan membuat dia terbiasa untuk tetap awet muda. Mengajarkan olahraga dan makanan yang membuat mereka tetap muda, sampai dia dewasa nanti.

Membiasakan Anak Untuk Tetap Hidup Bersih

Kebersihan pangkal dari kesehatan, dan itu adalah salah satu pepatah yang menggambarkan tentang kebersihan. Saat baru menganjak sekolah dasar (SD), kita sering diucapkan pepatah tersebut. Tapi, itu bukan hal yang keliru, tapi itu adalah nyata. Tetap bersih, akan membuat anak terhindar dari berbagai penyakit, karena mereka akan terhindar dari serangan kuman. Contoh kecil kebersihan yang harus diajarkan pada anak adalah mandi teratur 2 kali sehari, menyikat gigi secara teratur, dan selalu mencuci tangan saat sebelum atau sesudah melakukan kegiatan anak-anak setiap hari.

Mengajarkan Anak Untuk Tetap Aktif

Ajarkan anak Anda untuk tetap aktif. Mungkin dengan mengajarkannya olahraga. Memilih jenis olahraga yang sesuai untuk anak-anak juga perlu dilakukan, untuk anak-anak, baiknya diajarkan berenang atau sepak bola. Kedua olahraga ini akan membuat seluruh tubuh anak aktif bergerak. Ada baiknya, Anda juga ikut menemaninya dan membimbingnya saat anak melakukan olahraga. Manfaat membiasakan anak tetap aktif yang paling utama adalah menghindarkannya dari obesitas atau kegemukan. Karena obesitas adalah sarang penyakit, jadi harus dihindari sejak kecil.

Membiasakan Anak Melakukan Kegiatan Yang Melatih Kekuatan Otak Mereka

Biasakan anak untuk membaca, bermain catur atau bermain teka-teki untuk membuat otak mereka semakin cerdas dan kreatif.

Membiasakan Anak Untuk Mengkonsumsi Makanan Sehat

Konsumsi nutrisi yang baik untuk anak itu hukumnya “wajib”, ini dikarenakan saat masih kecil, pertumbuhan berjalan dan membutuhkan nutrisi yang cukup. Paling penting adalah konsumsi vitamin dan mineral, hal ini disebabkan kedua nutrisi ini akan membantu kelancaran pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh si anak. Serta, jangan dilupakan untuk anak agar menghindari makanan cepat saji atau Junk Food, yang nutrisinya kurang, dan malahan mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk pertumbuhannya.

Membiasakan anak hidup sehat adalah suatu keharusan. Karena hal ini akan berdampak pada dirinya kelak, sewaktu ia dewasa nanti.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Wajib Hukumnya Membiasakan Hidup Sehat Pada Anak Sejak Kecil | Powered by Blogger.