Penyebab Dan Solusi Menghilangkan Rasa Gatal Pada Payudara Wanita

gatal pada payudaraKebanyakan wanita sering mengalami gatal – gatal pada payudara dan itu hal yang biasa. Rasa risih dan tidak nyaman sangat mengganggu aktivitas. Saat gatal ini sudah menjalar dan semakin parah, mungkin juga sulit untuk memakai bra. Namun, jika sudah parah, baiknya Anda segera pergi ke dokter spesialis yang menangani khusus masalah ini, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kanker payudara.

Gatal pada payudara sendiri, merupakan salah satu tanda kanker payudara. Ada dua jenis kanker payudara yang ditandai dengan rasa gatal pada payudara terlebih dahulu. Jenis itu adalah kanker payudara inflamasi dan kanker payudara Paget. Payudara gatal yang biasanya akan disertai dengan rasa payudara yang sakit dan dada pun berasa sakit, itu adalah gejala terkena kanker payudara. Namun, Anda jangan langsung berpikir bahwa rasa gatal pada payudara adalah pasti gejala kanker payudara. Hal ini dikarenakan bisa saja itu dikarenakan alergi, kulit kering atau iritasi. Jadi, tidak semua payudara yang gatal itu gejala kanker payudara.

Penyebab rasa gatal pada payudara

Saat mengetahui bahwa payudara Anda gatal, jangan langsung panik. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab rasa gatal itu terlebih dahulu. Karena jika mengetahui penyebabnya, maka Anda dapat meringankan rasa gatalnya dan tinggal dilakukan pengobatan. Di bawah ini akan diberikan beberapa alasan umum penyebab rasa gatal pada payudara:

1. ketika memakai bra yang berenda

2. saat mandi dengan pemakaian sabun yang tidak cocok atau terlalu kuat menggosoknya

3. terkena alergi, mungkin dari bra yang dipakai atau dari lotion pun bisa

4. penggunaan deterjen yang terlalu kuat saat mencuci bra dan pakaian

5. pemakaian parfum yang tidak cocok untuk kulit payudara

6. kulit kering dan iritasi

Bagi wanita yang memiliki payudara yang lebih besar, mungkin terkena resiko gangguan ini lebih besar. Hal ini dikarenakan pada wanita dengan payudara besar, daerah kulit di bawah payudara tertutup sehingga membentuk lipatan dan kulit terasa lembab karena kulit saling bergesekkan tanpa ada aliran udara, yang berpeluang terjadi iritasi atau ruam kemerahan yang menyebabkan rasa gatal.

Cara menyembuhkan rasa gatal pada payudara

Berikut adalah tips untuk mencegah dan menghilangkan rasa gatal pada payudara

1. Memeriksa puting payudara. Jika terdapat bercak kulit di daerah puting, mungkin itu tanda kulit kering. Solusinya, saat menggosok payudaranya harus dengan spons lembut dan sabun ringan dengan lembut untuk menghilangkan kulit keringnya.

2. Pastikan memakai bra yang bersih dan nyaman

3. Saat tidur, cobalah lepas bra Anda, agar payudara dapat relaks sejenak

4. Jika sudah timbul rasa gatal, oleskan krim pengobatan rasa gatal pada payudara, dengan konsultasi dokter terlebih dahulu.

Payudara adalah hal penting bagi setiap wanita. Maka dari itu, rawatlah dan jaga kesehatannya. Karena ini adalah masa depan Anda, karena organ ini digunakkan untuk menyusui anak.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Penyebab Dan Solusi Menghilangkan Rasa Gatal Pada Payudara Wanita | Powered by Blogger.