Lakukanlah 4 Langkah Berikut untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh

Di dalam tubuh Anda mempunyai sistem imun atau kekebelan tubuh yang mempunyai fungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri serta virus penyakit. Lakukanlah pola hidup sehat supaya sistem imun yang ada di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Bila Anda melakukan gaya hidup yang tidak sehat dapat berakibat pada melemahnya sistem imun.

Biasanya ketika sakit sistem imun akan turun, untuk mengembalikan sistem imun yang lemah dokter akan menyertakan obat antibiotik. Namun, jika Anda menggunakan antibiotik dengan salah dan menjalankan gaya hidup yang tidak sehat maka sistem imun Anda dapat menjadi kacau yang menyebabkan tubuh tidak mempunyai kemampuan untuk melawan infeksi.

Supaya sistem kekebalan tubuh bisa bekerja secara maksimal, Anda dapat melakukan 4 langkah berikut:

1. Gunakan antibiotik secara benar

Dalam menggunakan antibiotik mintalah saran dan petunjuk dokter dan jalankan apa yang sudah diinstruksikan oleh dokter. Jika Anda tidak menyelesaikan jumlah dosis yang disarankan, tidak menghabiskan penggunaan antibiotik, dan mengkonsumsi alkohol ketika masa pengobatan, akan berakibat pada tidak efektifnya kerja antibiotik dan menyebabkan bakteri kebal dengan antibiotik.

2. Beli daging yang berlabel organik

Sekarang ini banyak sekali yang menggunakan antibiotik hewan untuk membesarkan sapi. Tentunya, daging sapi yang sudah terkena antibiotik sangat tidak baik untuk dimakan. Belilah daging sapi yang mempunyai label organik atau jika Anda membeli di pasar tradisional sebaiknya periksa telebih dahulu kondisi daging.

3. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang masih segar

Di dalam sayuran dan buah terdapat kandungan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Antibiotik alami dapat Anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Sayur dan buah yang baik adalah yang belum terkontaminasi pestisida.

4. Jangan terlalu sering mengkonsumsi makan di luar

Anda pasti tidak tahu tentang kualitas dari bahan makanan yang akan disajikan di restoran-restoran atau rumah makan yang Anda gemari. Bisa saja restoran tersebut tidak menggunakan daging organik dan belum tentu sayuran yang disajikan dalam kondisi segar. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan sistem imun menjadi lemah.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Lakukanlah 4 Langkah Berikut untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh | Powered by Blogger.