Khasiat Madu untuk Perawatan Kulit


Kebaikan mengkonsumsi madu memang tidak hanya untuk tubuh, tetapi bermanfaat juga bagi kesehatan kulit. Di Mesir kuno sejak zaman Cleopatra, madu sudah dimanfaatkan sebagai lotion wajah.


Madu ini berasal dari sari bunga yang di dalamnya terkandung 80% gula, dan sisanya lagi kandungan dari mineral, seperti kalsium, besi, magnesium, asam amino dan fosfor. Di dalam madu juga terdapat beberapa kandugan vitamin B, C dan air. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat dari madu untuk kesehatan kulit:

1. Sebagai Pelembab

Madu sering dipakai sebagai pelembab pada beberapa jenis kosmetik karena kualitas dari madu sebagai humektan. Madu mempunyai kemampuan mengikat air namun juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam dan membuat kulit tetap dalam kondisi kenyal atau elastis, selain itu juga membantu melindungi kulit supaya tidak keriput dan kekeringan.

2. Antiseptik

Sifat antibakteri dan antimikroba yang dimiliki madu befungsi dalam penyembuhan. Sifat tersebut berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dengan terus melakukan produksi enzim hydrogen peroksida, menjadikan madu bisa digunakan untuk pengobatan alami dalam membantu proses penyembuhan luka lecet dll.

3. Menyembuhkan Eksim

Ada jenis madu tertentu yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit eksim, seperti madu manuka. Madu juga mampu mengobati kulit yang rusak serta membantu mempercepat proses pergantian sel-sel kulit, hal ini adalah unsur yang paling penting dalam proses penyembuhan eksim dan beberapa bentuk lain dermatitis.

4. Mencegah Infeksi

Penyebab dari infeksi kulit adalah cacing gelang atau ringworm. Pengobatannya dapat memanfaatkan madu manuka. Infeksi jamur yang muncul dipermukaan kulit biasanya disebabkan oleh cacing gelang atau ringworm.

5. Anti Penuaan

Sifat alami antioksidan di dalam madu mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting untuk melindungi kerusakan kulit yang disebabkan paparan sinar ultraviolet. Kerusakan kulit dapat terjadi jika terlalu sering terpapar sinar matahari, bahkan dapat menimbulkan kanker kulit dan penuaan dini. Gunakanlah madu sebagai tabir surya, sebagai pelindung kulit dari paparan sinar ultraviolet.

6. Anti Jerawat

Sumbatan di pori-pori menyebabkan infeksi di bawah kulit, gunakanlah madu untuk melawan infeksi tersebut sehingga kotoran yang ada dapat ditarik keluar. Sifat aktif yang dimiliki madu berguna untuk menembus folikel dan membersihkan bakteri yang dapat memicu timbulnya jerawat dan infeksi.

7. Penyejuk Kulit

Sebagai bahan penyejuk kulit, buatlah kondisioner alami dengan mencampurkan madu sebanyak satu sendok teh, minyak sayur satu sendok teh, jus lemon ¼ sendok teh. Cara pemakaiannya, gosokanlah pada bagian tubuh Anda yang terasa kering. Diamkanlah selama 10 menit, setela itu bilaslah.

8. Perlindungan Bibir

Madu juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan bibir yang pecah-pecah serta mengalami keriput, sehingga akan terasa lebih lembut dan halus.

9. Pengelupasan Kulit

Madu bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati pada permukaan kulit paling luar. Cara pemakaiannya, campurkanlah almond sebanyak satu sendok makan dengan madu, oatmeal kering sebanyak satu sendok makan dan jus lemon sebanyak satu sendok teh. Kemudian, balurkan pada wajah dan lakukanlah pemijatan lembut di wajah kurang lebih 5 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Khasiat Madu untuk Perawatan Kulit | Powered by Blogger.