4 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Pendengaran

meningkatkan pendengaran
Banyak yang percaya bahwa dengan bertambahnya usia maka kehilangan pendengaran tidak bisa dihindari, tetapi apakah Anda tahu bahwa dengan memasukkan makanan tertentu dalam makanan sehari-hari Anda dapat meningkatkan pendengaran? Pendengaran dapat ditingkatkan tidak hanya dengan mengurangi kebisingan, memiliki implan, memiliki alat bantu dengar, atau dengan teratur dibersihkan tetapi juga dengan melakukan perubahan gaya hidup terutama dalam jenis makanan yang Anda makan.


Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang menderita berbagai tingkat gangguan pendengaran juga menderita kekurangan gizi juga. Meningkatkan pendengaran dengan memasukkan makanan pendukung pendengaran yang akan disebutkan nanti dalam artikel ini dalam diet harian Anda dapat memperlancar pendengaran dan menambah kesehatan indra pendengaran.

Makanan Untuk Meningkatkan Pendengaran 

1. Makanan kaya vitamin D akan membantu meningkatkan pendengaran karena Vitamin D bertanggung jawab untuk penyerapan kalsium yang dibutuhkan bagi kita untuk memiliki tulang yang kuat. Kekurangan vitamin ini menyebabkan osteopenia pada orang dewasa, suatu kondisi dimana tulang-tulang telinga mengeras dan menjadi berpori.

Sumber Vitamin D yaitu: minyak hati ikan cod, minyak ikan, salmon, ikan tuna, hati, dan kuning telur.

2. Makanan kaya vitamin A dengan kombinasi vitamin C dan E dan magnesium bekerja sama untuk mencegah pembentukan radikal bebas yang terbentuk akibat kebisingan. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa kebisingan juga mengurangi sirkulasi darah ke telinga bagian dalam.

Vitamin dan mineral disebutkan juga bekerja untuk menghancurkan radikal bebas.

Sumber Vitamin A: a) Sayuran buah yang hijau tua dan kuning seperti brokoli, bayam labu,, lobak, wortel, melon, kentang manis, labu, dan aprikot, b) sumber hewan adalah hati, susu, mentega, keju, dan telur utuh.

Sumber Vitamin C: sayuran segar dan buah-buahan seperti brokoli, paprika hijau dan merah, kembang kol, kol, lemon, nanas, stroberi, dan buah jeruk.

Sumber vitamin E: gandum, sayuran berdaun hijau, margarin dan minyak sayur (kedelai dan jagung).

Sumber Magnesium: produk susu, daging, ikan, unggas, sayuran hijau, kacang-kacangan.

Terganggunya sirkulasi darah, tekanan darah tinggi, dan kaku dari tulang-tulang di telinga tengah, adalah beberapa penyebab tinnitus atau telinga berdenging, suatu kondisi yang sering dikaitkan dengan gangguan pendengaran.

3. Makanan kaya vitamin B12 atau cobalamine membantu meningkatkan pendengaran dengan mengatur pembentukan sel darah merah, membantu dalam metabolisme homosistein, dan mencegah tinnitus.

Sumber Vitamin B12: produk susu, telur, daging sapi dan kerang

Makanan kaya asam folat menurunkan produksi homosistein yang diduga menjadi penyebab beberapa jenis gangguan pendengaran dan meningkatkan sirkulasi darah ke struktur bagian dalam telinga.

Sumber Asam Folat: hati sapi, bayam, asparagus, kacang hijau, brokoli, alpukat, selada, kacang, jus tomat, telur utuh, stroberi, pepaya, pisang, dan melon.

4. Makanan kaya Mangan juga meningkatkan pendengaran karena mineral ini membantu dalam pembentukan jaringan ikat dan tulang, ditambah lagi juga diperlukan untuk fungsi normal otak dan saraf. Jika Anda memiliki tingkat rendah mangan, Anda mungkin akan menderita tinnitus.

Sumber: apel, aprikot, alpukat, kacang, nanas, buah, kismis, seledri, kuning telur, dan kacang

Itulah yang Anda perlu tahu untuk meningkatkan pendengaran. Konsumsi makanan pendukung pendengaran adalah sangat pas agar terhindar dari gangguan pendengaran.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | 4 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Pendengaran | Powered by Blogger.