Tips Alami Supaya Tubuh Tetap Sehat di Musim Flu

Sekarang ini kondisi cuaca sangat tidak menentu, virus yang paling mudah menyebar di kondisi cuaca yang tak menentu adalah virus flu. Terinfeksi flu sangat mengganggu produktivitas atau aktivitas, sehingga menjaga diri adalah ide yang terbaik. Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar tubuh tetap sehat di musim flu.

Kalau Anda sudah terserang flu, obat-obatan yang diresepkan hanya untuk membantu sementara dan menekan gejala. Alangkah baiknya, cobalah beberapa cara alami untuk mencegah diri dari terinfeksi flu.

Seperti dilansir onlymyhealth, Jumat (9/3/2012), ada beberapa metode alami yang mudah dan dapat menjauhkan Anda dari serangan flu:

1. Minum minuman hangat

Selama musim dingin, sup dan teh adalah minuman yang paling disukai. Panas yang ada pada minuman akan ditransfer dari kerongkongan ke saluran pernapasan. Fungsinya adalah untuk mengendurkan lendir dan memungkinkan Anda untuk mengeluarkan dahak dengan mudah. Adanya minuman yang hangat ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang flu. Contoh minuman lainnya yaitu lemon hangat dan wedang jahe.

2. Banyak minum air putih

Banyak-banyaklah minum air putih karena dengan mengkonsumsi air putih atau jus bisa membantu menggantikan cairan yang hilang akibat demam dan mengevaporasi saluran pernapasan. Kondisi seperti ini akan sangat membantu melonggarkan lendir yang membuat seseorang merasa lebih baik.

Minum cukup air juga bisa menjauhkan Anda dari risiko infeksi karena tubuh yang terhidrasi dengan baik juga membuat tubuh Anda berfungsi dengan baik

3. Berhenti merokok

Ditunjukan dari data statistik bahwa perokok berat lebih mungkin menderita gangguan pernapasan parah dan flu, karena sistem kekebalan tubuh akan terganggu dan rongga hidung dapat kering.

4. Kurangi konsumsi alkohol

Kurangilah konsumsi alkohol karena alkohol tidak hanya menyebabkan dehidrasi tubuh tetapi juga membuat Anda rentan tertular flu dengan cara lain. Semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan terinfeksi dan menderita komplikasi apabila konsumsi alkohol Anda terlalu banyak.

5. Berkumur air garam

Fungsi dari air garam sendiri adalah untuk mengurangi rasa tidak enak dari sakit tenggorokan. Selain itu garam juga dapat menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan meringankan iritasi di tenggorokan. Untuk menghindari Anda dari infeksi flu, Anda dapat menggunakan cara ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Tips Alami Supaya Tubuh Tetap Sehat di Musim Flu | Powered by Blogger.