Tips Agar Buah Hati Terhindar dari Diabetes

Orang tua yang terkena penyakit diabetes berpeluang menurunkan ke anak-anaknya apalagi jika sang anak meniru kebiasaan buruk orang tua yang menyebabkan diabetes. Sejak dini perlu diantisipasi faktor-faktor pemicu diabetes.


Seorang pakar kesehatan dari Fakultas Kesehtan Masyarakat Universitas Hasanudin, Makassar menyarankan “Anak dari ayah dan ibu diabetes berpeluang besar atau berbakat menjadi diabetesi. Seperti orang yang berbakat bermain bola kaki. Jika dia tak berlatih bola kaki, maka tak akan bisa bermain bola kaki," jelasnya pada okezone usai diskusi ilmiah mengenai bahaya gula tambahan, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (28/2/2012).


Adapun beberapa faktor yang perlu dihindari seorang anak yang orangtuanya telah mempunyai penyakit diabetes yaitu :


Asupan gula berlebih


Saran dari Prof Thaha “Anak-anak yang ayah dan ibunya mengidap diabetes agar tidak terkena harus menjauhi faktor-faktor yang dapat menyebabkan diabetes. Faktor diabetes pertama adalah mengkonsumsi gula secara berlebihan, itu harus dikurangi”.


Kurangnya konsumsi sayur dan buah


Kurangnya konsumsi sayur dan buah yang rendah harus ditingkatkan, agar faktor risiko ini tidak terjadi. serat makanan berperan penting dalam pencegahan maupun pengendalian diabetes.


Kurangnya aktivitas fisik


Aktivitas fisik yang kurang merupakan penyebab ketiga. Permainan anak-anak yang dulunya mengharuskan banyak gerak berbalik dengan keadaan sekarang yaitu anak-anak lebih suka dengan permainan yang aktivitas geraknya kurang seperti playstation dan game online di depan komputer.


Bimbing dan ajak anak untuk melakukan kegiatan yang banyak melakukan aktifitas fisik diluar ruangna seperti olahraga dan rekreasi outbound.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Tips Agar Buah Hati Terhindar dari Diabetes | Powered by Blogger.