Gangguan Kesehatan Akibat Teknologi

Kemajuan teknologi memang menawarkan banyak kemudahan dalam melakukan aktivitas. Ada beberapa masalah kesehatan akibat penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari mulai dari depresi Facebook untuk narsisme, terbukti oleh penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti.


Menurut DailyRecord, Jumat (25/11/2011) menyatakan bahwa setidaknya ada sembilan penyakit yang disebabkan oleh kemajuan teknologi:


1. Hipersensitif terhadap gelombang elektromagnetik dari sinyal wifi untuk telepon


Kebanyakan orang dikelilingi oleh komunikasi nirkabel, dari wi-fi sinyal ke ponsel. Paparan medan elektromagnetik menurut beberapa orang dapat membuat sakit. Jenis gejala mulai dari sakit kepala akut dan kulit pembakaran otot berkedut dan sakit parah. 5 persen orang Amerika percaya bahwa mereka telah menderita dari kondisi ini dan beberapa telah pindah ke tempat di mana komunikasi nirkabel dapat dikontrol dengan ketat untuk menghindari masalah.


2. Depresi facebook


Pada awal tahun ini, para remaja di AS diperingatkan oleh sekelompok dokter di AS jangan terlalu terobsesi dengan facebook karena dapat berimbas pada kesehatan. Penelitian dari American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa anak-anak yang terabaikan di situs jejaring sosial akan menjadi lebih tertekan daripada diabaikan dalam kehidupan nyata. Peringatan diberikan oleh organisasi ini memperingatkan risiko anak korban cyber bullying mental dan menegaskan bahwa penggunaan beberapa situs dalam jangka panjang dapat mempengaruhi pola tidur dan tingkat harga diri.


3. Sering terjadi  cedera karena terlalu banyak mengetik pada keyboard


Cedera regangan berulang paling sering dialami oleh pekerja pabrik, penjahit, dan musisi. Pekerja kantor hari ini dapat menderita masalah yang sama karena banyak waktu yang dihabiskan menggunakan keyboard komputer dengan posisi yang salah. Penggunaan jari, pergelangan tangan, lengan dan bahu berulang-ulang dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki oleh tubuh dari waktu ke waktu. Tindakan pencegahan seperti istirahat secara teratur sangat dianjurkan.


4. Ponsel menyebabkan sakit kepala


Selama bertahun-tahun, para ahli terlibat dalam perdebatan sengit mengenai apakah ponsel berbahaya atau tidak. Tetapi penelitian telah menunjukkan ada hubungan antara sakit kepala dengan penggunaan ponsel. Sebelum tidur sebaiknya Anda tidak melakukan panggilan telepon karena hasil riset yang ditugaskan oleh produsen ponsel pada tahun 2008 menemukan bahwa panggilan telepon pendek sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur yang dapat menyebabkan sakit kepala keesokan harinya.


5. Internet Addiction


Menurut beberapa psikiater mengatakan bahwa dunia online telah mengambil alih hidupnya dan banyak psikiater sekarang ini yang menawarkan pengobatan untuk kecanduan internet dan merawatnya. Seorang psikiater AS, Jerald Block, mengatakan bahwa kondisi tersebut harus dipandang sebagai gangguan klinis untuk melihat jumlah yang semakin meningkat dari orang yang kecanduan game dan pornografi di intenet.


6. Musik keras melalui speaker dapat merusak pendengaran


Mendengarkan musik keras melalui speaker dapat merusak pendengaran. Salah satu negara yang melarang produsen untuk memproduksi gadget earphone yang menghasilkan suara melebihi tingkat tertentu adalah Perancis.


7. Bermain Nintendo Wii injury time


Sejak pertama kali dirilis Nintendo Wii telah mampu menghipnotis orang dari segala usia untuk mencoba permainan ini yang menggantikan "tongkat" yang kuno. Masalah yang dihadapi adalah bahwa banyak orang yang terkena kejang otot karena bermain game Wii untuk kehilangan jejak waktu.


8. Sakit dari Game 3D atau Film 3D


Adanya penelitian dari Asosiasi Ophthalmology di Amerika Serikat telah menemukan masalah kesehatan karena televisi dan game 3D. Seperempat pengguna melaporkan mengalami ketegangan mata, penglihatan kabur, pusing, sakit kepala, atau mual setelah melihat konten 3D.


9. Narsisme di Situs Jaringan Sosial

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Gangguan Kesehatan Akibat Teknologi | Powered by Blogger.