Nutrisi Terbaik Bagi Wanita di Segala Usia

Banyak sekali wanita yang ingin mengetahui kiat untuk menjadi, awet muda, cantik, dan stylish di segala usia. Terus bagaimana untuk nutrisi terbaiknya?


Ada beberapa penjelasan soal makanan yang mengandung nutrisi terbaik bagi wanita di segala usia, sebagaimana dilansir Eatingwell, Senin (5/3/2012).


Daging sapi buat wanita di usia 20-an


Kandungan dalam tiga ons daging sapi mengandung tiga miligram zat besi atau 15 persen dari kebutuhan sehari-hari. Untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel tubuh, dibutuhkan zat besi. Pada saat wanita mengalami masa subur dibutuhkan sekitar 18 miligram zat besi dalam satu hari. Fungsinya untuk menggantikan hilangnya zat besi setiap bulan saat menstruasi. Sementara untuk wanita yang sedang mengandung membutuhkan zat besi sebanyak 27 miligram sehari.


Selain dari daging sapi, zat besi juga bisa didapatkan dari kacang-kacang (kandungan zat besinya hingga 13 miligram per ¾ mangkuk) dan sayuran hijau (tiga milligram zat besi = setengah mangkuk bayam). Untuk membantu peresapan zat besi ke dalam tubuh dapat menggunakan buah-buahan bervitamin c seperti buah jeruk.


Kacang-kacang buat wanita usia 30-an


Guna mencegah cacat lahir sebelum dan selama masa kehamilan, seorang wanita membutuhkan kacang-kacang kaya vitamin folat. Untuk satu cangkir kacang-kacangan menawarkan sekitar 200-300 mikrogram, tergantung pada varietas.


Bagi calon ibu, folat sangat penting karena membantu dan membentuk sel-sel DNA baru yang sehat. Seperti zat besi, 400 mikrogram per hari merupakan rekomendasi harian untuk folat tertinggi selama tahun-tahun masa subur. Selama kehamilan dibutuhkan lebih tinggi lagi yaitu 600 mikrogram per hari. Sedangkan pada saat menyusui dibutuhkan 500 mikrogram per hari.


Gandum buat wanita usia 40 tahun


Pada saat Anda memasuki usia 40-an, gandum murni akan membantu Anda melawan dua hal yaitu:


1. Peningkatan tekanan darah yang disebabkan menebalnya dinding jantung dan arteri selama bertahun-tahun


2. Melambatnya metabolisme yaitu metabolisme dalam tubuh akan mengalami perlambatan satu hingga dua persen setiap dekade setelah usia 30.


Agar Anda mendapatkan lebih banyak serat, Anda dapat mengkonsumsi roti gandum, beras merah, atau gandum murni. Kandungan lainnya yaitu kalium, mineral yang membantu menjaga tekanan darah normal.


Yogurt rendah lemak buat wanita usia 50-an


Sumber kalsium yang baik yaitu yogurt rendah lemak atau yang tanpa lemak, karena mengandung sekitar 400 miligram kalsium per cangkir.


Pada usia 50 tahunan, penguatan tulang dari kalsium akan menjadi semakin penting karena begitu banyak kalsium yang dibutuhkan. Tingkat rekomendasi akan meningkat dari 1.000 menjadi 1.200 mg/hari. Mengapa demikian? Pada saat wanita menginjak usia 30, sel-sel yang membangun tulang menjadi kurang aktif, sementara mereka yang membongkar tulang tetap bekerja. Dan kerugian ini akan dipercepat selama menopause akibat penurunan estrogen.


Kalsium bisa didapatkan dengan cara lain yaitu, kangkung (1 cangkir yang dimasak, 179 mg), susu (1 cangkir skim milk = 306 mg), bayam (1/2 cangkir mentah kemudian dimasak, 99 mg), keju (1,5 ons, sekitar 300 mg). Makanan ini adalah sumber baik kalsium.


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Nutrisi Terbaik Bagi Wanita di Segala Usia | Powered by Blogger.