6 Gejala Gangguan Mental Yang Tidak Boleh Diabaikan

masalah tidur Meskipun ada banyak macam masalah mental tetapi yang sering ditemui sehari-hari antara lain stres, depresi dan kegelisahan. Tanpa disadari kita mungkin memiliki masalah mental meskipun dalam tahap ringan.

Ada beberapa gejala gangguan mental yang perlu anda ketahui karena jika masalah ini dibiarkan dan berlarut-larut akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan mental. Seperti diberitakan oleh kompas, berikut ini adalah enam gejala mental yang tidak boleh diabaikan

1. Mengantuk terus dan terlalu banyak tidur

Tidur nyenyak dimalam hari sangat penting bagi kesehatan jiwa dan raga seseorang. Saat seseorang terlalu banyak tidur justru akan membawa dampak negatif bagi jiwa yakni depresi dan masalah medis lainnya. Idealnya orang dewasa tidur selama delapan jam setiap hari namun jika setelah anda tidur delapan jam semalam namun tidak seperti telah tidur segera konsultasikan hal ini pada dokter keluarga anda.

2. Kurang tidur

Terlalu banyak tidur maupun kurang tidur sama-sama menjadi gejala masalah mental. Orang yang memiliki gejala insomnia seperti susah memulai tidur, sering bangun dimalam hari dan bangun terlalu awal  bisa menjadi tanda penting adanya stres dan depresi. Ini juga bisa disebabkan karena sleep apnea dan ketidak seimbangan hormon.

3. Jantung berdegup kencang

Ini adalah salah satu dari gejala serangan panik, bisa disertai ketidak teraturan denyut jantung. Serangan panik bisa menyerang tiba-tiba tanpa peringatan dan bahkan dengan alasan yang kurang masuk akal. Serangan panik merupakan suatu kondisi penuh tekanan yang dapat dialami seseorang dan berlangsung selama beberapa menit.

4. Sakit perut

Sakit perut tidak hanya bisa menandakan masalah pada pencernaan dan organ-organ yang ada didalam perut tetapi juga bisa menjadi pertanda penyakit jiwa. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa masalah pada perut sering terjadi pada orang dengan kecemasan kronis. Sakit perut ini biasanya akan membaik ketika seseorang berhasil mengatasi gejala kecemasannya.

5. Sakit kepala

Terlalu tegang menghadapi masalah dan stres dapat menjadi pemicu sakit kepala. Jika anda sedang mengalami tekanan atau sedang menghadapi suatu masalah dan kemudian merasa pening dikepala maka sudah saatnya anda berhenti sejenak untuk menghilangkan masalah ini supaya tidak berlanjut menjadi masalah lain. Mempelajari beberapa tehnik relaksasi kadang kala bisa membantu.

6. Perubahan suasana hati (mood)

Perubahan suasana hati yang cepat merupakan salah satu masalah pada mental yang perlu mendapatkan perhatian. Saat seseorang mengalami ini dia bisa menjadi sangat gembira tetapi kemudian dengan cepat berubah menjadi sangat depresi. Gejala ini biasanya berulang dengan cepat dan menjadi gejala awal penyakit bipolar. Meskipun bersifat kronik penyakit ini dapat dikendalikan.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | 6 Gejala Gangguan Mental Yang Tidak Boleh Diabaikan | Powered by Blogger.