Tips Mudah Menghilangkan Bau Kaki

menghilangkan bau kaki
Sebagian orang punya bau kaki yang sangat mengganggu setelah melepas sepatu. Sangat memalukan saat membuka sepatu di tempat umum apalagi kalau baunya cukup menyengat. Untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah. Kalau kita menjaga kebersihan kaki dan sepatu dengan baik maka bau kaki akan jauh berkurang. Dibawah ini adalah cara-cara supaya bau kaki tidak muncul lagi:


Perawatan kaki

- Cuci kaki sampai bersih

Meskipun sederhana namun sebenarnya ini salah satu yang paling penting. Cuci kaki setiap kali akan memakai dan melepas sepatu. Jangan lupa untuk menggunakan sabun dan menggosok sela-sela kaki. Mencuci kaki sampai bersih meminimalisir bau kaki karena kuman penyebab bau kaki akan lebih sedikit mendapat makanan dari sel-sel mati yang ada dikaki.

- Keringkan kaki

Kelembaban apakah itu dari air atau dari keringat menciptakan tempat yang subur untuk pertumbuhan bakteri.

- Oleskan hand sanitizer

Meskipun hand sanitizer dibuat khusus untuk kebersihan tangan tapi pada dasarnya ini antiseptik untuk kulit yang bisa juga kita manfaatkan untuk mengurangi kuman di kaki untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

- Gunakan Deodoran

Fungsi deodoran untuk mengurangi kelebihan keringat dan mengurangi bau tidak sedap.

- Potong kuku secara teratur

Sela-sela kuku bisa menjadi tempat bersarangnya kuman penyebab bau kaki. Potong kuku kaki setidaknya sekali seminggu agar semakin sedikit kuman yang bisa bersembunyi.

- Baking soda

Beberapa kali seminggu cobalah untuk merendam kaki di air yang sudah diberi sedikit soda kue. Lingkungan yang alkali bukan tempat yang baik untuk pertumbuhan kuman. Soda kue menciptakan lingkungan yang lebih basa sehingga menghambat perkembangan kuman.

Perawatan Sepatu Dan Kaus Kaki

- Cuci sepatu secara teratur

Semakin sering semakin baik untuk membersihkan kotoran-kotoran dan debu dalam sepatu.

- Ganti sepatu secara teratur

Kalau ada uang lebih mengapa tidak membeli beberapa sepatu untuk digunakan bergantian. Satu pasang sepatu digunakan hanya beberapa kali seminggu.

- Jemur sepatu dibawah sinar matahari sehabis dipakai.

Selain membunuh kuman menjemur sepatu juga mengeringkan sepatu dari sisa keringat

- Taruh koran dalam sepatu

Dengan menaruh koran dalam sepatu atau membungkus korang dengan sepatu setiap kali selesai melepasnya akan menyerap bau yang ada dalam sepatu.

- Pakai kaus kaki dari bahan katun

Katun membuat pori-pori kulit bernapas dengan baik. Saat sirkulasi lancar keringat akan lebih sedikit dan mudah menguap.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Tips Mudah Menghilangkan Bau Kaki | Powered by Blogger.