5 langkah Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

menurunkan kolesterol jahat
Seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang tidak pernah mengenal usia, siapapun dapat terkena kolesterol. Sehingga dari lansia, dewasa, hingga remaja pun tak luput dari penyakit ini. Pada artikel seebelumnya telah di jelaskan penyebab kolesterol tinggi karena pola hidup yang tidak sehat, orang yang terbiasa makan makanan fasfood yang tinggi akan lemak, kurang olahraga, dan stres juga dapat meningkatkan kadar kolesterol ini.


Untuk pencegahan dini ada baiknya kita melakukan cek up ke dokter minimal tiga bulan sekali, dengan hal ini kita dapat mengendalikan kolesterol kita agar tetap seimbang serta dapat mengukur seberapa cukup limit atau batas kolesterol yang bisa diterima oleh tubuh kita.

Jika kita lihat anjuran dari para dokter, mereka merekomendasikan kita yang memang seorang perokok, usia lanjut, memiliki histori hipertensi dan diabete suntuk mengendalikan kolesterol jahat (LDL) sampai batas maksimum 70mg/dl. Namun bagi orang yang memang pola hidupnya sudah jauh lebih baik maka disarankan maksimum sampai dengan 100mg/dl.

Namun pada praktiknya banyak sekali orang-orang yang tidak menyadari bahayanya kolesterol tinggi jika di biarkan terus menerus tidak di kontrol, ditambah lagi jika orang tersebut memang gemar makan makanan yang tinggi akan lemak dan merokok dengan intensitas yang tinggi sehingga hal tersebut yang menjadi pemicu utama kolesterol tersebut.

Untuk itu marilah simak beberapa tips untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat didalam tubuh kita:

#1 Hindari makanan yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol

Makanan-makanan penyebab kolesterol antara lain adalah lemak jenuh, lemak trans, dan makanan yang mengandung kolesterol. Lemak jenuh adalah lemak yang terdapat pada daging hewan (biasanya daging merah ataupun pada bagian lemaknya), sedangkan lemak trans adalah lemak yang dihasilkan oleh minyak nabati yang dipanaskan melalui gas yang mengandung hidrogen. Lemak trans ini lebih buruk ketimbang lemak jenuh karena dapat meningkatkan penyakit jantung koroner dan meningkatkan kolesterol jahat secara signifikan dibandingkan lemak-lemak yang lainnya.

#2 Perbanyak asupan makanan penurun kadar kolesterol

Untuk makanan penurun kolesterol anda bisa mencoba mengganti minyak goreng yang mengandung lemak trans dengan minyak zaitun, minyak kelapa, ataupun minyak ikan. Untuk makanan lain seperti buah delima, alpukat, bahkan dengan mengkonsumsi teh hijau pun dapat meredakan kolesterol jahat didalam tubuh.

#3 Sering berolahraga secara teratur

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga dapat mengendalikan berbagai macam penyakit termasuk kolesterol, dengan berolahraga secara rutin dan teratur setiap hari maka kita dapat terhindar dari naiknya kadar kolesterol di dalam tubuh sehingga kita tak perlu mengkonsumsi obat lagi.

#4 Berhenti merokok

Memang terlihat sulit, namun jika anda mampu mengendalikan diri anda untuk tidak merokok maka anda akan jauh lebih sehat dan kadar kolesterol anda dapat terkendalikan. Penelitian membuktikan bahwa orang bukan perokok yang terkena kolesterol lebih mudah menurunkan kolesterolnya ketimbang orang yang perokok dan terkena kolesterol.

#5 Selalu berpikiran positif

Orang yang menikmati hidupnya dengan selalu bersyukur maka dapat terhindari dari stress yang menjadi salah satu pemicu naiknya kadar kolesterol. Disaat orang mengalami stres maka tubuh secara tidak langsung memproduksi kolesterol secara stimultan sehingga kadar kolesterol naik sendiri. Hormon stres adrenalin dan kortisol diduga menjadi penyebab naiknya produksi kolesterol dalam tubuh. Untuk itu cobalah selalu berpikiran positif di setiap aktifitas anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | 5 langkah Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dalam Tubuh | Powered by Blogger.