Mengapa Pemanasan Sebelum Olahraga Penting?

pemanasan
Olahraga sangat penting bagi kesehatan kita. Pemanasan atau warming up adalah cara untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan olahraga untuk mengurangi potensi cedera dan mengurangi rasa sakit setelah berolahraga. Pemanasan sebelum olahraga normalnya dilakukan dalam waktu singkat.


Pemanasan olahraga merupakan tahapan penting untuk meningkatkan suplai oksigen dan menaikkan suhu otot agar lebih hangat. Pemanasan olahraga mempersiapkan diri kita secara mental dan fisik sebelum melakukan aktivitas fisik berat dan jika dilakukan dengan benar dapat meningkatkan performa kita saat melakukan olahraga inti.

Manfaat melakukan pemanasan:

1. Meningkatkan temperatur otot. Otot yang hangat akan berkontraksi lebih cepat dan rileks lebih cepat pula, ini meningkatkan kekuatan serta kecepatan otot.

2. mempersiapkan peregangan otot-otot saat melakukan olahraga inti.

3. Melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang lebih lebar membuat beban jantung tidak terlalu berat dan mengurangi hambatan aliran darah.

4. Meningkatkan temperatur darah. Saat suhu darah naik maka kemampuan keter ikatan oksigen pada hemoglobin akan menurun sehingga lebih mudah untuk dilepaskan pada sel-sel otot.

5. Perubahan hormonal - tubuh akan meningkatkan produksi berbagai hormon yang berhubungan dengan proses produksi energi. Selama pemanasan ini keseimbangan hormon membuat lebih banyak karbohidrat dan asam lemak tersedia untuk produksi energi.

6. Persiapan Mental - pemanasan juga waktu yang baik untuk mempersiapkan mental untuk membersihkan pikiran, meningkatkan fokus, meninjau strategi.

Cara melakukan pemanasan dan peregangan

1. Meningkatkan secara bertahap gerakan yang biasa dilakukan. Untuk pelari mulai pemanasan olahraga dengan jalan cepat kemudian setelah beberapa lama naikan kecepatan menjadi lari lambat kemudian terus meningkatkan kecepatan secara bertahap.

2. Lakukan gerakan yang tidak berhubungan dengan olahraga inti tetapi lakukan dengan kecepatan yang lambat. Pemain sepak bola sering melakukan gerakan yang sama sekali tidak berhubungan dengan sepak bola saat melakukan pemanasan.

3. Olahraga yang dilakukan seseorang memiliki intensitas yang berbeda-beda sehingga pemanasan yang dilakukan supaya olahraga inti menghasilkan performa yang baik mungkin juga berbeda. Lakukan lebih banyak praktek dan eksperimen untuk mengetahui mana yang lebih baik. Coba pemanasan dengan berbagai cara, gerakan, pada berbagai intensitas sampai anda menemukan mana yang terbaik.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Mengapa Pemanasan Sebelum Olahraga Penting? | Powered by Blogger.