5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak

daftar makanan yang membuat otak sehat, menu makanan yang bikin otak sehat, makanan untuk mencerdaskan otak

Otak merupakan organ penting dalam tubuh manusia. Dengan otak manusia dapat berpikir. Namun, seiring berjalannya usia, otak dapat mengalami penurunan daya ingat. Agar otak dapat berpikir lebih jernih dan daya ingat kuat, dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan tertentu.

Berikut makanan yang baik untuk otak, baik untuk memperkuat daya ingat maupun agar otak dapat berpikir dengan jernih.

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian baik dikonsumsi untuk kesehatan otak. Kacang mete, kacang tanah hazelnut, walnut, almond, biji bunga matahari dan biji labu sangat baik untuk otak. Biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung asam lemak omega 6 dan omega 3. Kandungan lain yang terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian adalah vitamin B6, vitamin E, dan folat. Nutrisi tersebut dapat membuat otak jernih dalam berpikir. Hal ini karena asam lemak omega 6 dan omega 3 bekerja sebagai antidepresan. Beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung magnesium, tiamin dan mangan yang baik untuk fungsi kognitif dan daya ingat otak.

2. Buah berry
Buah berry seperti blueberry, blackberry dan raspberry memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Blueberry memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilan motorik. Buah berry dapat meningkatkan daya ingat yang memungkinkan seseorang untuk dapat mengingat peristiwa pada masa lalu.

3. Coklat
Coklat selain rasanya enak, juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk otak. Kandungan antioksidan yang terdapat pada dua atau tiga sendok makan coklat bubuk daripada kandungan antioksidan yang terdapat pada makanan atau minuman lain, seperti anggur merah dan teh hijau. Kandungan antioksidan yang disebut flavonol yang terdapat pada kakao bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke otak.

4. Ikan
Ikan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali otak. Ikan memiliki kandungan omega 3. Omega 3 merupakan asam lemak yang bermanfaat bagi tubuh. Mengonsumsi ikan satu porsi dalam seminggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer. Asam lemak omega 3 membantu fungsi otak dengan cara melapisi neuron. Asam lemak ini juga menyediakan oksigen ke otak lebih banyak dan memungkinkan seseorang untuk dapat mengingan informasi yang baru, sementara informasi yang lama masih tetap diingat. Jenis ikan seperti ikan tuna dan ikan salmon sangat baik untuk otak.

5. Sayuran hijau
Sayuran hijau sangat baik untuk otak, baik otak anak-anak maupun otak orang dewasa. Sayuran hijau dapat membantu seseorang mengingat informasi lama. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B12, vitamin B6 dan folat yang terdapat dalam sayuran hijau. Ketiga zat gizi tersebut merupakan zat yang diperlukan oleh otak untuk meningkatkan homosistein agar terhindar dari penyakit Alzheimer.

Itulah makanan yang baik untuk kesehatan otak.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak | Powered by Blogger.