Menghilangkan Kulit Kusam dengan Tomat

Buah tomat memiliki kesegaran dan warna merah, buah ini sering dimanfaatkan untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Tomat mempunyai kemampuan untuk menghilangkan kulit kusam. Tomat adalah bahan makanan yang banyak terdapat di dapur. Pada umumnya, tomat terkenal sebagai pelengkap makanan dan minuman segar. Khasiat dari tomat selain baik untuk kesehatan, juga baik untuk kecantikan. Banyak yang mempercayai bahwa tomat mampu memperkecil pori-pori, mengobati jerawat, serta menghilangkan kulit kusam.

Kandungan likopen dalam tomat adalah sebuah zat antioksidan yang bermanfaat dari dalam sebagai tabir surya. Kandungan antioksidan bermanfaat untuk membantu mengurangi kerusakan sel dan kulit yang terlihat kemerahan. Untuk idealnya, disarankan dalam sehari kepada setiap orang untuk mendapatkan likopen minimal 16 mg, hal ini berguna untuk mengurangi kadar radikal bebas pada tubuh dan membantu kelembaban kulit yang disebabkan paparan AC.

Kutipan dari Times of India, menjelaskan beberapa langkah yang dapat membantu memperoleh kulit sehat, berikut penjelasannya:

Pori-pori yang besar

Pori-pori besar lebih berisiko untuk kemasukan kotoran, sehingga kemungkinan terjadinya infeksi di pori-pori akan semakin besar. Cara pengobatannya, buatlah jus tomat segar kemudian ambil satu sendok makannya. Lalu tambahkanlah tetesan air jeruk nipis antara 2-4 tetes. Bubuhkanlah ramuan tersebut menggunakan bola kapas pada wajah, lalu lakukanlah pemijatan dengan arah gerakan melingkar. Biarkanlah kurang lebih sekitar 15 menit, setelah itu bilaslah menggunakan air dingin. untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, gunakanlah ramuan itu dengan teratur. Teknik tersebut sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori kulit.

Menyembuhkan jerawat

Buah tomat memiliki keasaman yang berguna untuk mengurangi dan membantu menghilangkan jerawat. Kebanyakan obat jerawat mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin C, dan aneka vitamin tersebut juga terdapat dalam tomat. Tomat kaya akan kandungan vitamin A, C dan K. Bila Anda mempunyai jerawat ringan, cukup tempelkan saja potongan buah tomat yang masih segar di wajah yang berjerawat. Biarkanlah sekitar satu jam, setelah itu bilas menggunakan air bersih. Supaya jerawat Anda cepat mengering, lakukanlah pengobatan ini dengan teratur dan jika perlu lakukan sesering mungkin.

Mengontrol minyak berlebih

Jika wajah Anda mempunyai minyak yang berlebih, jadikanlah tomat sebagai solusi Anda. Ambil tomat segar dan haluskanlah, lalu saringlah. Tambahkanlah jus ketimun dengan jus tomat yang sudah Anda buat. Gunakanlah kapas untuk membalurkan ke wajah. Selain ramuan ini berguna untuk menyerap minyak yang berlebih, juga sangat membantu untuk mencegah timbulnya jerawat.

Masker wajah

Kombinasi yang baik untuk membuat masker wajah adalah kombinasi dari tomat dan alpukat. Cara kerja tomat mampu menghambat kehadiran komedo dan mengurangi jumlah minyak berlebih. Dan untuk alpukat mempunyai efek antiseptik dan juga berguna untuk melembabkan. Kombinasi masker ini sangat kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang membantu untuk menenangkan dan juga membersihkan kulit. Pakailah masker tersebut sekitar 20 sampai 30 bulan, setelah itu bilaslah menggunakan air hangat.

Mencerahkan kulit

Penyebab kulit terbakar dan meradang adalah paparan sinar UV. Cara mengatasinya, campurkanlah 2 sendok makan yoghurt dengan tomat yang sudah dihaluskan. Cara pemakaiannya, oleskanlah ramuan tersebut di tangan, kaki, leher dan wajah sekitar 20 menit dan lakukanlah pembilasan menggunakan air bersih. Fungsi dari tomat untuk menetralkan permukaan dan juga mendinginkan kulit, dan untuk yoghurt berperan memberi nutrisi protein yang diperlukan oleh kulit yang akan membuat kulit menjadi kenyal dan lembut.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Menghilangkan Kulit Kusam dengan Tomat | Powered by Blogger.