Jalan Kaki Membantu Pemulihan Depresi

Bila saat ini Anda sedang berada dalam tekanan dan juga mengalami depresi, Anda dapat mencoba cara berikut ini untuk mengatasi masalah Anda. Rutinlah berjalan kaki di pagi hari dengan menghirup udara yang segar.

Benar sekali, bahwa melakukan sedikit olahraga ringan dengan berjalan kaki bisa membantu Anda untuk mengurangi gejala depresi. Hal itu diambil dari kesimpulan para peneliti dari University of Stirling Skotlandia yang melakukan penelitian.

Melakukan olahraga secara rutin dan dilakukan dengan aktif serta enerjik sudah terbukti bisa membantu penderita depresi untuk mengurangi gejala depresi yang timbul. Namun, masih belum jelas manfaat aktivitas ringan untuk pemulihan depresi.

Sebuah riset terbaru yang telah diterbitkan dalam journal Mental and Physical Activity menjelaskan bahwa, berjalan kaki mempunyai manfaat yang besar dalam proses pemulihan gejala depresi.

Para peneliti mengatakan, sekitar 1 dari 10 orang dalam kehidupannya pernah mengalami depresi pada beberapa titik. Kondisi tersebut dapat diobati dengan obat-obatan, namun kebanyakan dokter biasanya menyarankan untuk melakukan olahraga jika mengalami gejala depresi yang masih ringan.

Peneliti juga menjelaskan bahwa berjalan kaki merupakan suatu intervensi yang sangat efektif dalam mengatasi depresi dan mempunyai efek yang sama dengan seseorang yang melakukan latihan olahraga dengan enerjik.

Menurut Prof Adrian Taylor, dari University of Exeter, yang tidak terlibat dalam penelitian, mengatakan “berjalan memiliki keuntungan yang mudah dilakukan oleh kebanyakan orang karena tidak mengeluarkan biaya sama sakali dan relatif mudah untuk diterapkan dalam kegiatan hidup sehari-hari.”

Taylor juga mengingatkan bahwa penelitian yang terkait dengan manfaat jalan kaki harus dilakukan lebih banyak lagi. Karena banyak pertanyaan yang muncul tentang berapa lama harus melakukan jalan kaki, seberapa cepat dilakukan dan baiknya dilakukan di luar ruangan atau dalam ruangan.

“Keindahan dari berjalan adalah bahwa semua orang dapat melakukannya. Berjalan memiliki manfaat untuk kondisi kesehatan mental seperti depresi,” ujar Taylor.

Masih belum jelas apakah olahraga bisa membantu untuk mengatasi depresi. Tapi, Taylor menjelaskan, olahraga mungkin digunakan sebagai pengalih perhatian dari timbulnya perasaan cemas dan juga khawatir, serta memberikan rasa untuk mengontrol dan melepaskan suatu hormon yang dapat memberikan rasa ketenangan.

Menurut Paul Farmer, yang banyak terlibat dalam organisasi sosial peduli tentang kesehatan mental, mengatakan, “Sangat penting untuk menemukan jenis latihan yang Anda gemari. Cobalah hal yang berbeda, seperti misalnya berjalan, bersepeda, berkebun.”

“Berolahraga dengan orang lain dapat memiliki dampak yang lebih besar, karena menyediakan kesempatan kita untuk memperkuat jaringan sosial. Jadi ajaklah seorang teman untuk bergabung dengan Anda,” tambahnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Jalan Kaki Membantu Pemulihan Depresi | Powered by Blogger.