Cara Meringankan Penyakit Bronkitis | Mengobati Bonkitis

Bronkitis merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Bronkitis merupakan penyakit peradangan pada tabung bronkial yang disebabkan oleh infeksi virus.
Namun, beberapa kasus menunjukkan bahwa bronkitis juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri.

Bronkitis terbagi menjadi 2 macam, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh virus. Bronkitis jenis ini biasanya berlangsung dalam kurun waktu 10 - 12 hari. Berikut tanda-tanda penyakit bronkitis akut.


Mengobati Bonkitis
1. Demam ringan


2. Nyeri dada ringan


3. Kemacetan sinus


4. Batuk berdahak


5. Ada desahan suara saat bernapas


6. Ada rasa tidak nyaman di bagian dada


7. Kelelahan

Penyakit bronkitis dapat disembuhkan dengan meminum obat yang disarankan oleh dokter. Selain itu, penyakit bronkitis juga dapat diobati dengan cara herbal.

Berikut beberapa bahan herbal yang dapat mengobati atau setidaknya meringankan penyakit bronkitis.

1. Minyak kayu putih
Minyak kayu putih dapat membantu meringankan batuk yang berhubungan dengan bronkitis. Minyak kayu putih juga membantu melonggarkan dahak agar mempermudah paru-paru untuk sekresi lendir.

2. Bawang putih
Bawang putih dapat mengurangi risiko penyakit bronkitis. Bawang putih memiliki kandungan bahan kimia yang dapat membunuh bakteri dan virus. Dengan kata lain, bawang putih merupakan antibakteri dan antivirus.

3. Tanaman jelatang
Tanaman jelatang juga merupakan tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit bronkitis. Tanaman jelatang tidak hanya untuk mengobati bronkitis saja, tetapi bisa juga untuk mengobati jenis penyakit pernapasan lainnya. Perpaduan antara akar dan daun jelatang yang dicampur dengan madu dapat meringankan penyakit bronkitis.

4. Makanan yang mengandung vitamin C
Makanan yang mengandung vitamin C juga bisa mengurangi dan mencegah penyakit bronkitis. Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan, misalnya jeruk.

5. Makanan yang mengandung magnesium
Selain makanan yang mengandung vitamin C, makanan yang mengandung magnesium juga dapat membantu mengurangi gejala penyakit bronkitis.

Dalam upaya pencegahan atau pengobatan, hindari alkohol dan rokok. Kebiasaan meminum alkohol dan menghisap rokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit bronkitis. Bukan hanya meningkatkan risiko terkena penyakit bronkitis, meminum alkohol dan menghisap rokok juga mempunyai dampak buruk lainnya bagi kesehatan.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Cara Meringankan Penyakit Bronkitis | Mengobati Bonkitis | Powered by Blogger.