Penyebab Dan Tips Penyembuhan Gangguan Vertigo

vertigo
Vertigo merupakan gangguan keseimbangan yang menyebabkan penderita merasa pusing dan lemah. Keseimbangan tubuh saat berdiri dan berjalan dikendalikan oleh bagian dalam telinga. Bagian ini sangat penting bagi hampir semua jenis mamalia untuk menjaga keseimbangan tubuh. Bagian dalam telinga yang mengontrol keseimbangan tubuh adalah vestibular. Selain merasa lemah, penderita juga akan diserang mual dan bisa muntah. Gangguan ini timbul secara tiba-tiba, sehingga korban mengalami pusing, penglihatan kabur dan akhirnya jatuh pingsan. Penyebab utama orang terkena vertigo adalah saat orang pergi ke tempat yang lebih tinggi, misal pergi ke gunung. Selain itu, ada beberapa alasan lain orang terkena vertigo seperti dijelaskan di bawah ini:


Penyebab Utama Vertigo
  1. Terjadinya masalah keseimbangan pada telinga dan gangguan dalam otak
Terjadinya masalah keseimbangan pada telinga membuat benign paroxysmal positional vertigo. Masalah tersebut akan mencipatakan sensasi gerak yang tak biasa, misalnya mata seolah-olah membelot ke arah telinga, pusing dan lemah.
  1. Tekanan Darah Rendah
Vertigo juga bisa disebabkan karena tekanan dalam darah rendah. Karena otak kurang aliran darah, maka pusing tak terelakkan dan vertigo pun bisa terjadi.
  1. Vertigo Karena Migrain
Migrain merupakan salah salah satu aktor utama penyebab vertigo. Hal ini dikarenakan, migrain mengakibatkan sakit kepala luar biasa, yang dapat menimbulkan vertigo.
  1. Vertigo Yang Dikarenakan Infeksi Telinga
Vertigo yang disebabkan oleh infeksi telinga, merupakan jenis vertigo paling serius. Peradangan yang terjadi dapat berbahaya untuk kesetimbangan, sehingga bisa menyebabkan vertigo. Vertigo ini paling serius karena jika vertigo jenis ini tidak ditangani, akan mengakibatkan gangguan pada pendengaran.

  1. Vertigo Yang Diakibatkan Cedera Pada Leher atau Cedera Pada Kepala
Leher atau kepala yang cedera dapat menyebabkan vertigo. Tapi, efeknya bisa disembuhkan, seiring dengan penyembuhan cederanya.

Pengobatan Herbal untuk Mengobati Vertigo:
  1. Air. Air sangat efektif untuk menyembuhkan pusing yang merupakan gejala utama vertigo. Minum sedikitnya 8 – 10 gelas air per hari, sangat efektif untuk menjaga tubuh dari vertigo.

  2. Diet Sehat. Diet seimbang, sangat diperlukan untuk mengobati vertigo. Buah dan sayur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, agar terhindar dari vertigo

  3. Jahe. Minum minuman jahe akan membuat pikiran fresh dan lebih segar, sehingga terhindar dari pusing, penyebab vertigo.

  4. Olahraga. Olahraga teratur akan membuat fisik dan mental menjadi sehat, dan terhindar dari penyakit.

  5. Stroberi. Buah ini mengandung vitamin C yang sangat efektif mengusir vertigo.
Vertigo memang tidak berbahaya seperti penyakit lain, semacam kanker. Namun, vertigo dapat mengganggu aktivitas Anda. Jadi sebelum terlambat, cegah vertigo sebisanya.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Penyebab Dan Tips Penyembuhan Gangguan Vertigo | Powered by Blogger.