Cara Menyembuhkan Luka Bakar Kecil


luka bakar

Saat mendengar kata luka bakar kebanyakan dari kita mungkin sekilas membayangkan tentang api. Sebenarnya luka bakar tidak hanya terbatas pada api tetapi bisa juga karena listrik dan bahan kimia yang bersifat asam kuat atau basa kuat.

Luka bakar yang kecil dan tidak dalam bisa diterapi sendiri dirumah dengan perawatan dan obat-obat yang sederhana tetapi kalau luka bakarnya cukup luas dan dalam sebaiknya segera bawa kerumah sakit atau puskesmas untuk mendapatkan antibiotik dan pergantian cairan melalui infus.

Di masyarakat kita banyak ditemukan cara-cara merawat luka bakar yang kurang benar karena setelah kontak dengan api atau listrik mereka mengoleskan bahan-bahan seperti pasta gigi, kecap atau mentega pada bagian yang terbakar. Cara-cara tersebut bisa memperburuk luka, seharusnya luka bakar dijaga kebersihannya. Dibawah ini adalah cara-cara memperlakukan luka bakar yang kecil supaya cepat sembuh:

1. Setelah kontak dengan sumber panas seperti api, listrik, atau bahan kimia segera bersihkan luka dengan air dingin yang mengalir. Jangan didinginkan dengan es batu apalagi dengan bahan-bahan seperti pasta gigi, kecap atau mentega karena bahan-bahan tersebut bisa merusak jaringan kulit. Jika terkena bahan kimia segera bersihkan bahan tersebut dari kulit kemudian basuh dengan air mengalir.

2. Copot perhiasan dan barang-barang yang ada disekitar luka, termasuk pakaian. Karena luka bakar sering menimbulkan bengkak sehingga kalau tidak segera dilepaskan maka akan lebih susah dilepaskan saat luka sudah membengkak. Kalau pakaian menempel pada luka dan sulit dilepas, jangan paksa untuk dilepas. Gunting pakaian yang menempel hingga sesedikit mungkin, biarkan tenaga medis melepaskan pakaian atau benda yang menempel ini.

3. Oleskan salep yang mengandung hydrocortisone 0,5% atau bisa juga menggunakan lidah buaya. Untuk anak kecil dibawah umur dua tahun jangan mengoleskan salep kecuali atas rekomendasi dokter.

4. Jaga kebersihan luka bakar dan banyak-banyaklah minum air putih.

5. Jangan merokok karena rokok memperlambat penyembuhan, rokok menurunkan aliran darah menuju luka dan memperlambat perbaikan jaringan.

6. Untuk meringankan rasa sakit bisa meminum obat yang mengandung ibuprofen dan acetaminophen.

Kapan harus mendapatkan penanganan tenaga medis? Jika anda atau orang disekitar anda mengalami kondisi dibawah ini segera bawa ke rumah sakit, puskesmas atau dokter

# Bila luka bakar mengenai wajah, kelamin

# Mengenai bagian pergelangan tangan, pergelangan kaki dan tempat-tempat dimana permukaan kulit saling bersentuhan.

# Luka bakar cukup luas misalnya mengenai sebagian besar tangan, sebagian besar kaki, dada atau punggung.

# Luka bakar karena listrik atau petir bila menyebabkan kehilangan kesaradaran meskipun lukanya kecil. Karena listrik dan petir dapat menimbulkan gangguan pada syaraf, listrik jantung dan bisa menimbulkan patah tulang pada saat kejang.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Cara Menyembuhkan Luka Bakar Kecil | Powered by Blogger.