14 Tips Meredakan Nyeri Haid

Nyeri Haid
Nyeri pada saat haid pada banyak wanita bisa menimbulkan nyeri yang hebat, beberapa hanya mendapat nyeri yang dengan intensitas minimal namun ada juga yang bisa mengganggu kegiatan sehari-hari bahkan sampai pingsan. Banyak remaja yang pulang sekolah lebih awal karena sakit yang dideritanya terutama pada remaja setelah pubertas sampai 20 tahun.


Nyeri dan kram pada perut bagian bawah saat menstruasi sifatnya timbul dan menghilang, tajam dan kadang-kadang disertai dengan nyeri dibagian belakang. Dalam bahasa medis, nyeri haid ini disebut sebagai dismenore.

Berdasarkan dari penyebabnya dismenore (nyeri haid) dibedakan menjadi dua yaitu dismenore primer dan dismenore sekunder. Dismenore primer terjadi jika tidak ada penyebab yang mendasarinya sedangkan dismenore sekunder terjadi jika nyeri terjadi saat hamil.

Untuk mengatasi nyeri berlebihan yang mungkin bisa mengganggu kegiatan sehari-hari anda bisa melakukan tips meredakan nyeri haid dibawah ini:

1. Hangatkan perut bagian bawah dengan kompres hangat. Kompres hangat menurunkan ketegangan otot dan membuat pembuluh darah menjadi lebih longgar dan lancar.

2. Olahraga bisa meredakan rasa sakit ini dengan cepat, olahraga teratur juga bisa mencegah nyeri saat haid.

3. Berikan pijatan dengan lembut dengan gerakan memutar di perut bagian bawah

4. Minum minuman hangat.

5. Lebih sering makan tetapi sedikit-sedikit.

6. Cobalah obat-obatan anti-inflamasi yang dijual bebas di toko-toko, seperti ibuprofen. Minum sehari sebelum haid, dan lanjutkan secara teratur selama beberapa hari di awal-awal haid.

7. Minum suplemen atau makan makanan yang banyak mengandung vitamin B6, kalsium, dan magnesium.

8. Mandi dengan menggunakan air hangat. Mandi air hangat membuat tubuh lebih rileks sehingga mengurangi ketegangan otot.

9. Jika kelebihan berat badan turunkan hingga pada batas ideal.

10. Istirahat yang cukup.

11. Hindari makanan atau minuman yang banyak mengandung gula sederhana, kafein, lemak jenuh, seperti kopi, teh, cokelat, dan soda.

12. Hindari minum minuman dingin untuk sementara waktu. Minuman dingin meskipun segar tetapi bisa memperparah kram karena tubuh kita berusaha menetralkan suhu dingin salah satunya adalah dengan menegangkan otot untuk memproduksi panas tubuh.

13. Untuk  membantu mengalihkan rasa sakit anda bisa mendengarkan musik, membaca buku, menonton film atau tv.

14. Sebelum dan selama menstruasi hindari menggunakan pakaian dan celana ketat karena bisa mengurangi aliran darah ke organ reproduksi.

Kadang-kadang hanya dengan satu atau dua cara saja nyeri haid bisa berkurang misalnya hanya dengan berlari diatas treadmil saja atau dengan kompres hangat saja tetapi tidak ada salahnya juga mengkombinasikan beberapa tips-tips meredakan nyeri haid diatas.

1 comments:

Unknown said...

Mantap nih tipsnya sist, boleh di coba nihh ;)

http://myapotekacemaxs.com/obat-bronkitis/

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | 14 Tips Meredakan Nyeri Haid | Powered by Blogger.