Resiko Kesehatan Akibat Tato Dengan Prosedur Yang Salah

[caption id="attachment_1371" align="alignleft" width="300" caption="Risiko Kesehatan Akibat Tato Dengan Prosedur Salah"][/caption]

Sekarang banyak orang yang memakai tato. Namun perlu Anda ketahui bahwa tato yang salah, dapat berakibat fatal. Tato dapat mengancam nyawa, menyebabkan iritasi ringan dan ketidaknyamanan kulit. Bukan berarti Anda tidak boleh bertato tetapi adalah bijaksana untuk menyadari risiko sehingga Anda tahu bagaimana melindungi diri sendiri dan bagaimana menghadapi komplikasi.

Resiko Kesehatan Akibat Tato Dengan Prosedur Yang Salah

Bahaya tato paling serius datang dari penggunaan instrumen kotor atau prosedur yang salah. Perlu diingat bahwa prosesnya yaitu menusuk kulit dengan jarum dan memasukkan tinta. Jika jarum belum disterilkan ada risiko bahwa darah yang terkontaminasi dari pelanggan terakhir dapat masuk ke tubuh Anda.

Penyakit seperti hepatitis B, hepatitis C, Tetanus dan HIV dapat ditularkan melalui penggunaan jarum yang terkontaminasi. Setiap salah satu penyakit serius dapat mengancam nyawa. Hepatitis B dan C menyerang hati, dan jika tidak diobati dini, dapat menyebabkan penyakit hati jangka panjang dan kegagalan. Tetanus menyebabkan berbagai komplikasi dalam tubuh, dan perlu 2-4 bulan untuk menyembuhkan.

Kebanyakan orang bisa bertahan hidup ketika menggunakan jarum berkontaminasi dengan pengobatan, tetapi sekitar 25 persen mati karena terkontaminasi HIV.

Ada bahaya tato lain, seperti reaksi alergi terhadap tinta dan infeksi kulit. Tato pada kenyataannya, menyebabkan beberapa infeksi bakteri yang lebih serius, beberapa dapat mengancam nyawa. Menurut CDC, infeksi kulit yang lebih serius yang berhubungan dengan tato sedang meningkat. Beberapa seniman tidak berlisensi telah dikaitkan dengan penyebaran MRSA, yang dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti pneumonia, infeksi darah, atau Fasciitis Necrotizing, juga dikenal sebagai "penyakit makan daging". Tanda-tanda infeksi termasuk kemerahan, bengkak, iritasi, dan keluarnya cairan. Jika tato baru Anda menunjukkan tanda-tanda ini, segera dapatkan bantuan medis.

Risiko lainnya termasuk granuloma, yang terlihat seperti benjolan kecil yang terbentuk di sekitar tato Anda. Umumnya ini disebabkan ketika tinta merah yang digunakan. Tinta merah juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Jangan ditato dengan tinta India. Hal ini dapat membuat Anda sakit, dan pada wanita, dapat menyebabkan cacat lahir pada anak yang akan dilahirkan.

Ada banyak logam yang dimasukkan ke dalam tinta yang mereka gunakan untuk tato (seperti merkuri dan nikel). Terutama warna merah dapat menyebabkan reaksi alergi. Jika Anda alergi terhadap logam tertentu, tanyakan apakah mereka dapat menempatkan sebuah titik kecil pada kulit Anda dan biarkan di sana selama 24 jam. Jika Anda tidak merasakan reaksi alergi, ini mungkin aman untuk digunakan sebagai warna tinta.

Tato merupakan seni lukis tubuh yang sangat digemari oleh semua orang. Namun, alangkah baiknya Anda melihat kembali resiko yang akan terjadi. Disarankan membuat tato di tempat yang berlisensi, agar tidak terkena penyakit yang tidak diinginkan.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Resiko Kesehatan Akibat Tato Dengan Prosedur Yang Salah | Powered by Blogger.