Mengatasi Rambut Rontok

[caption id="attachment_1048" align="alignleft" width="305" caption="Pengobatan Rambut Rontok"]Pengobatan Rambut Rontok[/caption]

Bagaimana cara mengatasi kerontokan rambut? Memang sangat menyebalkan bagi Anda yang mempunyai masalah dengan kerontokan rambut. Salah satu hal yang tidak menyenangkan adalah ketika mengalami kerontokan rambut. Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi kerontokan rambut, ada baiknya Anda mengetahui penyebab dari kerontokan rambut.

Sesuatu hal yang dapat menimbulkan kekecewaan dan kekhawatiran wanita adalah ketika rambutnya mengalami kerontokan, karena keindahan rambut jelas saja akan membawa rasa percaya diri. Sebelum lebih dalam membahas tentang bagaiaman cara mengatasi rambut rontok, ada baiknya mengetahui beberapa penyebab kerontokan.

Berikut adalah beberapa penyebab kerontokan rambut:

1. Kebiasaan yang tidak baik

Penggunaan sisir yang bergerigi rapat terlalu sering, penggunaan hair dryer yang terlalu sering untuk memanaskan rambut, mengikat rambut yang terlalu ketat, dalam sehari terlalu sering mencuci rambut. Kegiatan tersebut akan membuat kadar minyak alami pada rambut akan berkurang yang dapat menyebabkan mudah patahnya rambut.

2. Disebabkan karena tubuh tidak sehat

Kesehatan tubuh Anda juga sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Berikut ada beberapa penyebab yang disebabkan tidak sehatnya tubuh.

  • Anemia


Anemia adalah kurangnya zat besi pada sel darah merah, hal ini dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kesehatan folikel rambut sangat dipengaruhi oleh zat besi. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan memadukan vitamin C dengan suplemen zat besi. Fungsi dari vitamin C adalah untuk membantu menyerap zat besi.

  • Obat-obatan tertentu


Yang memiliki efek samping terhadap kerontokan rambut adalah obat-obatan keras, misalnya diuretic, antidepresan, pil Rx. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui cara mengatasinya, apakah dosis obat-obatan tersebut memungkinkan untuk diturunkan. Atau kemungkinan lainnya untuk mengganti obat-obatan tersebut menggunakan pengobatan alternatif.

  • Hypo atau hyperthyroidism


Zat kimia yang bernama DHT bisa naik apabila ketidakseimbangan hormone terjadi, sehingga dapat menyerang folikel rambut. Untuk menyeimbangkan kembali hormone tiroid, Anda dapat menggunakan obat-obatan yang dapat mengatasi kedua kondisi ini.

  • Kekurangan kalori


Untuk menurunkan berat badan, seorang wanita dapat melakukan segala sesuatu. Termasuk juga melakukan diet ketat yang rendah kalori, sehingga dapat menyebabkan keletihan, keram dan dehidrasi. Pastikan dalam diet untuk terus mendapatkan protein yang cukup. Protein merupakan zat esensial yang berfungsi menjaga kesehatan rambut agar kuat.

  • Stres


Penyebab folikel rambut tertidur atau terserang oleh sel darah putih adalah adanya tingkat stres yang tinggi. Dengan adanya kondisi ini kerontokan rambut dapat terjadi di beberapa minggu berikutnya. Untuk mengatasinya dapat melakukan relaksasi melalui terapi, yoga, meditasi atau yang lainnya. Tekanan dan stres yang tinggi perlu Anda hindari untuk mengurangi kerontokan pada rambut.

Sebelumnya saya sudah berjanji untuk berbagi beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok. Berikut tips untuk mengatasi kerontokan rambut:

  • Asupan makanan bergizi sangat diperlukan, perbanyaklah konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan protein. Untuk pertumbuhan rambut sangat penting mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein. Contoh makanan yang banyak mengandung protein yaitu kacang-kacangan, ikan, telur, kedelai, dan yogurt.

  • Agar rambut berkilau dan tidak mudah patah dapat mengoleskan kondisioner yang mengandung ginseng.

  • Pada saat Anda memakai kondisioner sebaiknya disisir dengan sisir bergerigi jarang. Kegiatan ini bertujuan agar pada saat dibilas rambut tidak kusut.

  • Untuk kulit kepala lebih nyaman, pilihlah shampo yang ekstra ringan atau shampo herbal.

  • Saat keramas hindari menggunakan air panas, sebaiknya hangat kuku atau air dingin.

  • Jangan menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut. Rambut hanya cukup diangin-anginkan saja.

  • Untuk menyuburkan rambut dapat menggunakan hair tonic.

  • Perlu menghindari minuman yang banyak mengandung kafein karena sangat tidak baik untuk pertumbuhan rambut.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Mengatasi Rambut Rontok | Powered by Blogger.