Cara Mudah Mengobati Sariawan


Sariawan memang tidak tergolong penyakit yang dapat mengancam jiwa serta menjadikan penyakit yang serius, namun keadaan ini dapat mengganggu aktifitas karena Anda akan kesulitan untuk berbicara dan makan. Sebenarnya untuk mengobati sariawan ada cara yang mudah yang dapat Anda terapkan.


Sebutan lain dari sariawan ialah stomatitis yang merupakan terjadinya peradangan atau pembengkakan di daerah lapisan mukosa mulut. Penyebab sariawan bisa berasal dari beberapa faktor antara lain luka pada mulut, alergi terhadap makanan tertentu, kebanyakan minum antibiotik atau asam, adanya siklus haid dan stres. Kemunculan sariawan bisa diikuti dengan rasa sakit yang tinggi.

Sariawan tergolong penyakit kelainan mulut dan penyakit ini paling sering ditemukan. Persentase penderita penyakit ini sekitar 10 persen dari populasi. Wanita cenderung akan lebih sering terkena dibandingkan dengan pria.

Bibir, langit-langit mulut, pipi, gusi dan lidah merupakan area yang dapat terkena sariawan. Disamping itu sariawan juga dapat menyebabkan bengkak yang membuat warna menjadi memerah, perdarahan.

Contoh pada beberapa kasus, mengobati sariawan dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah dan ini akan menjadi cara yang mudah, seperti yang dimuat Mayoclinic dan Ehow, Senin (4/4/2011), yaitu:

1. Berkumurlah menggunakan air garam

Luka sariawan dapat disembuhkan dengan cepat dengan cara berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam dan lakukanlah tiga kali dalam sehari. Fungsi dari cairan garam adalah untuk menarik cairan yang ada pada luka sariawan sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat.

2. Minum yogurt

Keseimbangan bakteri yang ada pada mulut dan tubuh dapat terbantu oleh yogurt. Keadaan ini akan membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat dan membantu untuk mencegah sariawan. Pastikan dalam yogurt ada kandungan acidophilus hidup supaya Anda dapat merasakan hasilnya.

3. Bilas mulut menggunakan obat tradisional

Gunakan dari salah satu obat tradisional yang ada untuk membilas mulut Anda, contohnya seperti ekstrak biji anggur, jus plum, air hangat dicampur garam, lidah buaya, tea tree oil dan peroksida hydrogen.

4. Oleskan luka menggunakan bawang dan pepaya

Supaya proses penyembuhan menjadi lebih cepat, Anda dapat menerapkan obat langsung ke area yang terkena sariawan. Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti pepaya, bawang mentah dan kantong teh langsung terhadap area luka sariawan.

5. Gunakanlah baking soda

Gunakanlah campuran air dan baking soda untuk dijadikan obat kumur dan pasta, hal ini membantu melapisi luka pada sariawan. Fungsi dari baking soda adalah untuk membersihkan bakteri yang ada pada mulut dan untuk membantu mengurangi rasa sakit.

6. Minum vitamin

Dari hasil studi menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin C, vitamin B dan zat besi akan lebih sering terkena sariawan. Asam folat juga dapat digunakan untuk membantu mencegah serta menyembuhkan sariawan.

Ada baiknya untuk konsultasi ke dokter apabila sariawan Anda dalam kurun waktu hingga dua minggu atau lebih belum sembuh juga, karena ini merupakan keadaan yang lebih serius yang perlu mendapatkan penangan lebih baik.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Cara Mudah Mengobati Sariawan | Powered by Blogger.