Turunkan Berat Badan Usai Melahirkan dengan Cara Mudah

Waktu ibu untuk hamil adalah 9 bulan dan setelah itu melahirkan, setelah melahirkan wajar kalau berat badan seorang wanita bertambah beberapa kilogram. Bukanlah suatu hal yang mudah bagi seorang perempuan untuk kembali ke berat badan sebelum hamil dan melahirkan. Ada beberapa cara yang perlu dicoba untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan.


Sudah dibuktikan oleh peneliti bahwa penyebab utama kenaikan berat badan perempuan adalah kehamilan. Selama dua dekade terakhir penelitian ini dilakukan. Tetapi bukan berarti seorang perempuan hanya bisa gemuk dengan kehamilan saja, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhinnya.


Usai melahirkan ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, seperti dilansir timeofindia, Kamis (1/3/2012):


1. Menyusui


Selain baik untuk bayi, menyusui juga membantu ibu baru menurunkan berat badan. Dokter meyakini bahwa menyusui membakar sekitar 500 kalori sehari.


2. Minum banyak air putih


Perbanyaklah minum air putih, minumlah paling sedikit 10 sampai 12 gelas air sehari. Apabila warna urine Anda kuning maka anda terkena dehidrasi. Minum air putih dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan akan membantu menyegarkan tubuh.


3. Makanan seimbang


Ibu yang baru melahirkan dilarang melakukan diet, jadi apapun yang dimakan adalah makanan sehat. Makanlah makanan yang seimbang seperti buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, ikan dan produk susu rendah lemak.


4. Olahraga


Hentikan dulu aktivitas Anda pergi bergabung ke gym, tapi berolahragalah bersama bayi anda. Untuk membantu membakar lemak Anda, cukup dengan mengajak bayi berjalan-jalan di kereta dorong atau mengendongnya di ransel bayi


5. Makanlah hanya ketika Anda lapar


Hanya karena ingin cepat menurunkan angka di timbangan, jangan sampai Anda melewatkan makan. Ingat bayi harus mendapatkan nutrisi dari Anda karena Anda sedang menyusui. Makan dalam jumlah kalori yang masuk akal untuk setiap makanan dan rencanakan makanan Anda.


6. Bergabung dengan kelas latihan postnatal


Cara ini adalah cara yang terbaik untuk menurunkan berat badan. Anda juga akan banyak berinteraksi dan sharing dengan ibu-ibu lain. Apabila Anda masih menyusui, cobalah berolahraga sebentar setelah Anda memberi makan bayi.


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Turunkan Berat Badan Usai Melahirkan dengan Cara Mudah | Powered by Blogger.