Perawatan ibu bayi masa hamil dan setelah melahirkan

Seperti kita ketahui bahwa masa hamil dan setelah melahirkan sangat perlu ekstra hati-hati dalam merawat calon ibu dan juga kesehatan anak. Selama masa hamil si ibu kudu menjaga kesehatannya. Kulit bagian perut si ibu adalah salah satu bagian yang akan mengalami perubahan karena jika tidak tidak di rawat sejak masa hamil maka setelah melahirkan akan jadi mengkerut dan hitam.

Sebaiknya si calon ibu senantiasa mengoleskan minyak kletik di bagian perutnya selama hamil, selain menjaga kelembaban kulit, tips ini juga baik untuk kulit perut setelah melahirkan. Untuk kebaikan calon bayi si ibu harus selalu makan sayuran dan buah dan biar sianak nantinya bisa bersih, putih biasanya harus rutin makan "buah pir". Ada juga yang minum sejenis yakult tapi itu zat kimia, ada yang cocok2an.

Asi atau air susu ibu sangat penting bagi bayi, karena hanya asi imun terbaik bagi bayi baru lahir, namun kadang jika bayi pertama, ada juga asi yang sulit keluar. Untuk itulah selama masa hamil si ibu harus rutin oleskan minyak kletik ke puting payudaranya, selain membersihkan cara ini juga merangsang lubang puting payudara.

Agar air susu ibu lancar, si ibu harus rutin makan sejenis kacang-kacangan, bisa juga ngemil kacang kulit yang banyak di toko2. Tapi jangan berlebihan karena bisa mengakibatkan payudara jadi kencang dan sakit karena air susunya terlalu melimpah ruah.

Hati2 dengan makanan apalagi dari jajanan di pinggir jalan, alkisah tetangga saya yang hamil keracunan dan calon bayi harus di gugurkan karena makan kerang yang di beli dari jajanan pasar. Jadi harus kudu waspada menjaga makanan.

Balik lagi ke minyak kletik/ minyak santan kelapa, begitu bagusnya minyak ini, sebenarnya ada minyak kletik dari pabrikan obat namun tetap saja ada unsur kimianya. Minyak kletik sangat mudah membuatnya dan awet hingga tahunan, so sebaiknya buat sendiri minyak kletik itu. Minyak kletik bisa juga untuk di oleskan pada bayi yang kulitnya kering, alergi.

Membuat minyak ini, cukup di masak air santan/sari kelapa hingga berubah jadi minnyak

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Perawatan ibu bayi masa hamil dan setelah melahirkan | Powered by Blogger.