LIDAH BUAYA KAYA MANFAAT

Tanaman lidah buaya (aloe vera) memang kita kenal sebagai tanaman yang dapat digunakan untuk memperindah rambut. Namun belakangan ini, lidah buaya dapat dikonsumsi sebagai makanan yang kaya manfaat, seperti: melindungi kulit dari dehidrasi, memperlancar sistem pencernaan, sebagai antiseptik dan antibiotik alami. Cara praktis mengolah lidah buaya: Pilih lidah buaya yang berdaging tebal, kupas dan ambil bagian dalamnya saja. Kemudian cuci dan remas-remas potongan daging lidah buaya di dalam air garam. Setelah lendirnya hilang, rendam dalam air kapur sirih. Cuci bersih dan gel lidah buaya siap digunakan.


Tanaman asparagus termasuk keluarga bawang-bawangan (Liliaceae) dan yang sering dijadikan sayur adalah jenis asparagus officinalis. Tanaman ini dipanen ketika masih berbentuk tunas. Beberapa kandungan zat gizi yang terdapat di dalam asparagus, seperti asparagin, asam folat, niasin, oligosakarida, B-karotin, vit. A, vit. C, vit. E dan kalsium baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Asparagus juga mengandung serat sangat tinggi yang dapat melancarkan proses pencernaan sehingga Anda terbebas dari gangguan sembelit atau sulit buang air besar.

MASAK SAYUR YANG BENAR
Kalau Anda dan suami suka dengan sayuran mentah yang dimakan sebagai lalapan itu lebih baik bagi tubuh karena vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya dapat masuk dalam tubuh dengan maksimal. Tapi jika sayuran itu harus terlebih dulu dimasak maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar vitamin dan mineral yang terkandung tidak hilang percuma yaitu: 1). Pilih sayuran yang masih segar. 2). Cuci bersih sayuran sebelum dipotong dan ingat dalam memotong sayuran jangan terlalu kecil atau terlalu tipis. 3). Hindarkan perendaman setelah sayuran dipotong-potong. 4). Dalam merebus sayuran sebaiknya dilakukan setelah air mendidih dan jangan terlalu lama. Air bekas rebusan lebih baik digunakan untuk pemasakan selanjutnya, sehingga kandungan vitamin dan mineralnya tidak terbuang. Untuk jenis seperti kentang dan wortel sebaiknya direbus berikut kulitnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | LIDAH BUAYA KAYA MANFAAT | Powered by Blogger.