Hati-hati Menggunakan Obat Antibiotik

Saat ini disinyalir terjadi penggunaan antibotik yang berlebihan di masyarakat. Antibiotik diperlukan hanya bila memang didiagnosa telah positif ada infeksi kuman.

Penggunaan antibiotik tanpa diagnosa yang tetap akan sangat merugikan, bukan hanya individu yang bersangkutan, tetapi juga masyarakat luas. Dampak yang ditimbulkan sangat beragam seperti berikut :

- Pemborosan biaya pengobatan (obat) yang sebenarnya tidak diperlukan. Pemborosan biaya obat yang tidak diperlukan dari beberapa informasi yang sudah terpublikasi cukup besar. Karena itu, bila dilakukan cara-cara penghematan tentu akan dapat memberikan kemanfaatan yang besar.

- Menimbulkan resiko efek samping obat, yang sebenarnya tidak perlu.

- Menimbulkan dampak terjadinya resistensi antibiotik. Ini merupakan dampak yang paling serius. Ini akan memiliki implikasi yang luas, karena tidak hanya berdampak pada individu yang bersangkutan saja tetapi juga masyarakat, serta pola pengobatan ataupun standard treatment akan terpengaruh.

Bagaimana pun antibiotik adalah salah satu obat yang dapat digolongkan sebagai life-saving. Sehingga resistensi yang terjadi karena penggunaan yang tidak terkontrol benar-benar akan merugikan kita semua.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Solusi Kesehatanku. | Hati-hati Menggunakan Obat Antibiotik | Powered by Blogger.